KA Airlangga Diluncurkan, ke Surabaya cuma Rp104 Ribu

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 15:52 WIB
KA Airlangga Diluncurkan, ke Surabaya cuma Rp104 Ribu
KA Airlangga akan melayani jurusan Pasar Senen Surabaya dengan harga Rp104 ribu. Foto/KAI
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah satu kereta baru yang diberi nama KA Airlangga dengan rute Pasar Senen- Surabaya Pasar Turi pulang pergi (PP) yang diresmikan Jumat, (1/10/2021).

KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada KAI melalui surat dengan No. KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO).

Baca juga: Jadwal Liga 1, 2-3 Oktober 2021: Persib Jumpa PSM, Persebaya Bentrok PSIS

Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto mengatakan peluncuran KA Airlangga merupakan bentuk komitmen Kemenhub dan KAI dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat disertai dengan para petugas yang telah divaksin.



“KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian. Kami bangga ditugaskan untuk menyelenggarakan pengoperasian KA Airlangga sebagai bentuk peran strategis pemerintah,” ujar Agung Yunanto, pada keterangan tertulis yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (1/10/2021).

Sementara, Danto Restyawan (Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, mengatakan hadirnya KA Airlangga merupakan suatu bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan layanan kepada semua masyarakat yang murah, andal, aman, dan nyaman.

Baca juga: 80 Wanita Kencing di Jalan, Tak Tahu Jika Direkam dan Diunggah di Situs Porno

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta api PSO, hari ini telah dioperasikan KA Airlangga yang melayani Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi. KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” sambung Danto.

Untuk tarif KA Airlangga sendiri yaitu Rp49.000 untuk jarak tempuh 0-290 km dan Rp104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 km. Tiket KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi KAI Access, loket, dan seluruh channel penjualan lainnya.
(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2472 seconds (11.210#12.26)