Wamendag Dipuji Luhut Soal Usulan Game Online, Kok Bisa?

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:10 WIB
loading...
Wamendag Dipuji Luhut Soal Usulan Game Online, Kok Bisa?
Menko Luhut Binsar Pandjaitan memuji ide Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga soal game online, begini sebabnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perekonomian bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memuji ide Wakil Menteri Perdagangan ( Wamendag ) Jerry Sambuaga mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pasalnya, Wamendag mengusulkan komponen digital seperti game online , bisa masuk dalam perhitungan sebagai salah satu komponen penyusun total kandungan dalam negeri atau TKDN.

Usul tersebut disampaikan Wamendag Jerry dalam rapat koordinasi Pengembangan Gim Lokal Antar Kementerian kemarin. Menurut Luhut ini adalah ide cemerlang yang harus dipertimbangkan.

“Usul Wamendag ini bagus sekali. Ini perspektif baru dalam perhitungan komponen TKDN,” kata Luhut dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (1/10/2021).



Perhitungan terhadap berapa persen komponen nasional selama ini memang hanya didasarkan pada komponen fisik. Untuk produk handphone misalnya, komponen yang dihitung adalah kaca, IC, cassing dan lain-lain. Sementara program yang terkandung dalam handphone itu sendiri tidak dihitung.

Usul Wamendag Jerry Sambuaga ini membuka perspektif baru bahwa industri tidak hanya menghasilkan produk-produk fisik tetapi juga produk-produk digital. Industri digital sendiri sangat berkembang dan merupakan industri yang sangat produktif dari segi ekonomim, penyerapan tenaga kerja dan sebagainya.

Karena itu, masuknya komponen digital dalam perhitungan TKDN akan bisa mengakselerasi kreatifitas anak negeri dalam mengembangkan industri digital.

“Sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yaitu harus ada transformasi ekonomi menuju Industri 4.0, kita juga harus mengakselerasi pertumbuhan industri digital. Karena itu saya mengusulkan produk digital bisa menjadi perhitungan TKDN sehingga karya digital anak negeri bisa masuk, dikenal dan akhirnya digunakan,” papar Jerry.

Wamendag sendiri mengaku sudah berkeliling Indonesia dan bertemu dengan para pembuat, pelaku dan investor produk-produk digital. Potensinya menurut Wamendag luar biasa.

“Yang harus dilakukan adalah fasilitasi secara holistik dan integratif, dari hulu ke hilir dan oleh semua stake holder khususnya Pemerintah,” tegas Jerry.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)