Luhut Optimistis LRT Jabodebek Tanpa Masinis Beroperasi Agustus 2022

loading...
Luhut Optimistis LRT Jabodebek Tanpa Masinis Beroperasi Agustus 2022
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan senang produksi rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah tuntas siap beroperasi tahun depan. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - INKA berhasil menyelesaikan rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek . Rangkaian kereta ke-31 tersebut telah dikirimkan dari Madiun ke Jakarta.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pengiriman trainset LRT Jabodebek ke-31 tersebut menandakan telah selesainya proses produksi dan pengujian statis seluruh trainset LRT Jabodebek di pabrik INKA.

"Saya senang sekali ini bagian akhir dari pekerjaan INKA untuk LRT. Ini menandakan telah selesainya proses produksi dan pengujian statis di pabrik INKA yang telah dilaksanakan dan dikirim pertama kali pada Oktober 2019," kata Luhut saat konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga: Adhi Commuter Gandeng China Tuntaskan Proyek Hunian di Dekat Stasiun LRT



Luhut optimistis LRT tanpa masinis tersebut bisa beroperasi dengan performa maksimal Agustus 2022. Direktur Utama INKA Budi Noviantoro menjelaskan setiap trainset LRT Jabodebek terdiri atas enam kereta.

"Trainset tersebut dijalankan secara otomatis tanpa masinis sehingga butuh proses pengujian yang cukup lama, dan hari ini kita masih bisa saksikan pengiriman atau pelepasan trainset terakhir 31 di situasi yang masih covid," kata Budi.

Baca Juga: Kartu Multi Trip Commuter Line Diuji Coba untuk MRT, LRT, dan Transjakarta

Dia menjelaskan sebanyak 31 trainset masing-masing trainset ada enam kereta dan butuh proses pengujian yang cukup lama. "Amandemen kontrak berkali-kali. Namu demikian kami berhasil menguji beberapa kali dan akhirnya selesai," kata dia.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top