Jelang Moto GP, Ratusan Rumah Warga Dipermak Jadi Homestay

Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:56 WIB
loading...
Jelang Moto GP, Ratusan Rumah Warga Dipermak Jadi Homestay
Salah satu rumah yang sudah diperbaiki sehingga layak jadi homestay. Foto/PUPR
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) membangun sebanyak 398 unit sarana hunian pariwisata (sarhunta) di kawasan Mandalika Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kementerian PUPR mengatakan dengan adanya sarhunta tersebut, nantinya diharapkan bisa mengembangkan pariwisata di masa pagelaran Moto GP dan mendukung destinasti pariwisata super-prioritas (DPSP).



“Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Terkait hal ini, telah merenovasi rumah warga agar layak untuk dijadikan homestay di kawasan wisata sehingga masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi bisa menikmati kue pariwisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (19/10/2021).

Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati mengatakan, pihaknya siap menyukseskan ajang MotoGP di Mandalika dengan memberikan bantuan rumah khusus bagi warga terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika.

"Adanya pembangunan sarhunta sangat membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, rumah-rumah masyarakat yang dulunya tidak layak huni kini berubah menjadi lebih rapi dan nyaman," terangnya.

Dipaparkan untuk pembangunan sarhunta di KSPN Mandalika totalnya sebanyak 915 unit. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua, yakni 300 unit di Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung ajang MotoGP dan 98 unit di Kabupaten Lombok Utara.



Sedangkan sisanya sebanyak 517 unit dilaksanakan pembangunan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di sepanjang koridor pintu masuk di kawasan Mandalika.

"Kami berharap dengan pembangunan sarhunta ini masyarakat bisa menempati rumah layak huni sekaligus meningkatkan perekonomian dengan membuka homestay bagi para wisatawan yang datang berkunjung," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)