Jack Ma Piknik Perdana ke Spanyol Sejak Geger dengan Xi Jinping

Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:46 WIB
loading...
Jack Ma Piknik Perdana ke Spanyol Sejak Geger dengan Xi Jinping
Jack Ma, pendiri Alibaba tertangkap kamera di Santa Ponsa, Pula Mallorca, Spanyol. FOTO/AFP/JAIME REINA
A A A
JAKARTA - Jack Ma berlibur perdana ke Spanyol sejak berseteru dengan China karena dianggap melanggar regulator keuangan. Sebelum ke Eropa, Ma sempat berada di Hongkong.

Jack Ma menghabiskan liburan di Spanyol dengan kapal pesiar mewah Zen di Port d'Andtratx, Mallorca. Tak hanya liburan, tujuan perjalanannya itu dalam rangka bisnis hingga study tour ke daerah pertanian.

Laporan itu dilansir dari Financial Times, Kamis (21/10/2021). Sebelumnya, Ma sempat tampil perdana pasca pembatalan IPO Ant di acara badan amal pendikan amal miliknya.



Saat itu Jack Ma mengatakan akan mengabdikan diri di dunia pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Jack Ma tak mau berkomentar.

Sebagai informasi, sebelum perkara IPO Ant, Jack Ma dipukul Xi Jinping dengan denda USD2,75 miliar karena Alibaba dianggap melakukan monopoli. Apabila IPO Ant Group disetujui akan manjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia yang melantai di bursa dengan nilai USD37 miliar.

Setelah kabar itu mulai redup, Xi Jinping mengalihkan perhatian ke Didi Chuxing Group Ride-Hailling. Didi membuat marah Xi Jinping melanjutkan IPO USD4,4 miliar di New York.

Presiden China itu juga saat ini tengah fokus mengawasi perusahaan teknologi China yang mengampenyekan Kemakmuran Bersama dan mengurangi kesenjangan sosial.



Jack Ma dan pengusaha teknologi China terkemuka lainnya telah menjanjikan miliaran dolar untuk kemakmuran bersama. Pada awal September, Alibaba menyumbangkan USD15,5 miliar menyamai janji Tencent Group.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)