Bos BNI Blak-blakan Bicara Bank Digital, Akuisisi Bank Mayora?

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:00 WIB
loading...
Bos BNI Blak-blakan Bicara Bank Digital, Akuisisi Bank Mayora?
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Direksi Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) membeberkan langkah yang dilakukan perusahaan terkait pembentukan bank digital hingga tahapan mengakuisisi bank mini.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan, perseroan saat ini telah mencapai kesepakatan awal dengan sebuah bank mini yang memiliki modal inti tidak lebih dari Rp3 triliun.

Kendati rumor yang beredar di publik menyebut 'Bank Mayora' sebagai incaran akuisisi BNI, Royke masih merahasiakan nama bank yang dimaksud hingga waktu yang belum ditentukan.

"Untuk nama pihak terkait (bank yang akan diakuisisi), mohon maaf saya belum bisa sampaikan pada kesempatan ini. Namun nanti ke depan kami akan menyampaikan informasi ke publik dengan baik mengenai rencana pengembangan ini, sesuai dengan peraturan pasar modal dan regulasi pada institusi keuangan," kata Royke dalam Public Expose, Senin (25/10/2021).



Secara gamblang Royke menyebut bahwa bank yang sedang dalam proses akuisisi ini merupakan bank mini dengan modal inti tidak lebih dari Rp3 triliun. Jika memakai aturan lama, klasifikasi tersebut mengacu pada Bank BUKU I dan Bank BUKU II.

"Dapat kami sampaikan bahwa kami telah mencapai kesepakatan awal untuk akuisisi bank ini yang memiliki ekosistem bisnis yang kuat untuk dikembangkan menjadi bank digital," terangnya.

Artinya, BNI bakal mengembangkan bank mini tersebut untuk secara khusus dijadikan sebagai bank digital. Hal ini sejalan dengan optimisme Royke yang menyatakan bahwa selain melakukan digitalisasi pada berbagai business existing, BNI yakin dengan memiliki anak perusahaan yang fokus sebagai bank digital, akan membawa pelayanan perbankan lebih efektif dan tepat sasaran.

Ke depan saat tahapan akuisisi rampung, BNI bakal menarget nasabah dari kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Royke menegaskan perusahaan bakal mendukung kebutuhan permodalan bagi bank digital tersebut, terutama dalam pendanaan terhadap kalangan bisnis yang disasar. Adapun ekosistem yang dibuat bakal mengedepankan beberapa pihak seperti ekosistem digital, bank digital, mitra perusahaan teknologi, serta BNI.

"Bank digital ini nantinya akan fokus ke UKM dan relevan dengan karakteristik bank digital yang mampu menjangkau kalangan masyarakat yang lebih luas. Target marketnya tuh sangat luas sekali, jadi tradisional UKM akan jadi target market kita, sehingga benar-benar bakal berdampak positif bagi akselerasi pertumbuhan CASA kami," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)