11 Maskapai Penerbangan RI yang Bangkrut, Garuda di Ujung Tanduk

Selasa, 26 Oktober 2021 - 12:59 WIB
11 Maskapai Penerbangan RI yang Bangkrut, Garuda di Ujung Tanduk
Setidaknya ada 11 maskapai penerbangan dalam negeri yang sudah lebih dulu gulung tikar. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Nasib maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk di ujung tanduk. Negosiasi dan restrukturisasi utang antara pemerintah dengan kreditur global pun menjadi penentu hidup atau matinya bisnis penerbangan BUMN itu.

Selain mencatatkan kerugian signifikan pada Semester I/2021 sebesar USD904,9 juta atau setara Rp13,1 triliun (kurs Rp 14.400 per USD), utang Garuda juga fantastis mencapai Rp70 triliun.

Baca juga: Tes PCR Turun jadi Rp300 Ribu, Pengamat: Banyak Oknum yang Mengakali

Tak hanya itu, Kementerian BUMN memastikan Garuda Indonesia tidak menerima suntikan dana berupa penyertaan modal negara (PMN) untuk menyelamatkan kinerja keuangannya.



Bahkan, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menandaskan Garuda akan digantikan Pelita Air Service (PAS) jika nantinya berstatus pailit. Adapun upaya kepailitan akan ditempuh jika negosiasi dan restrukturisasi utang senilai Rp70 triliun berakhir buntu.

"Kita tetap mengupayakan restrukturisasi Garuda sebagai upaya utama. Tapi Pelita Air kami jadikan cadangan," ujar Kartika kepada MNC Portal Indonesia (MPI), dikutip Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Digadang-gadang Gantikan Garuda Indonesia, Ini Profil Pelita Air Milik Pertamina

Jika Garuda Indonesia akan dipailitkan, maka emiten pelat merah ini akan menambah daftar maskapai penerbangan di Tanah Air yang bangkrut akibat permasalahan keuangan. MPI merangkum setidaknya ada 11 maskapai penerbangan dalam negeri yang sudah lebih dulu gulung tikar, sebagai berikut:

1. PT Merpati Nusantara Airlines
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1342 seconds (10.177#12.26)