Dukung Peran Tax Center, STIE MNC Jalin Kerja Sama dengan Kanwil DJP Jakarta Barat

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:06 WIB
Dukung Peran Tax Center, STIE MNC Jalin Kerja Sama dengan Kanwil DJP Jakarta Barat
STIE MNC Jalin Kerja Sama dengan Kanwil DJP Jakarta Barat. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam membayar pajak masih perlu ditumbuhkan lebih baik. Terlebih, sebagian masyarakat menganggap pajak bukan sebuah kewajiban.

Hal itu juga dicermati oleh Ketua STIE MNC Mariati Tirta Wiyata. Akar pemasalahan hal ini, menurutnya adalah masyarakat Indonesia sejak dini tidak pernah diberi muatan kesadaran pajak, masyarakat biasanya mulai mengenal pajak pada saat mulai bekerja dan memulai suatu usaha.

“Upaya menumbuhkan kesadaran pajak di masyarakat menjadi tantangan yang tidak mudah dan memiliki resistensi yang tinggi”, ujar Maria. Muatan kesadaran pajak harus diberikan sejak dini di dunia pendidikan sehingga dapat membangun pemahaman mahasiswa bahwa ketika sudah lulus kuliah dan bekerja, pertanyaan yang muncul bukan lagi seputar mengapa harus membayar pajak melainkan bagaimana menghitung pajak yang benar untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan.

Baca Juga: MNC Bank Bagikan Ratusan Pohon ke Komunitas Lestari Lingkungan di Condet



STIE MNC menyadari akan pentingnya kesadaran pajak untuk civitas akademika. STIE MNC ingin berperan serta dalam pembangunan bangsa sekaligus memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan menanamkan kesadaran pajak.

Berdasarkan hal tersebut, STIE MNC menginisiasi terjalinnya kerja sama antara STIE MNC dengan Kanwil DJP Jakarta Barat untuk pembuatan tax center. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tax center pada Selasa, 28 September 2021 secara daring. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari kedua institusi dan perwakilan mitra tax center di wilayah Jakarta Barat.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua STIE MNC, Mariati Tirta Wiyata, serta Suparno selaku kepala kanwil DJP Jakarta Barat.
Suparno mengatakan bahwa, “Pajak sebesar 71% di APBN merupakan peranan yang tidak kecil dan menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk Lembaga Pendidikan Tinggi”.

Baca Juga: MNC Sekuritas: Simak 4 Kriteria Saham dalam Pemantauan Khusus

Dengan adanya tax center maka lembaga pendidikan tinggi turut menjadi mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan kesadaran pajak. Suparno juga mengucapkan terima kasih kepada STIE MNC atas penandatanganan MoU. “Semoga kerja sama dapat berjalan dengan lancar untuk mengedukasi mahasiswa dan masyarakat binaan STIE MNC agar semakin paham dengan pajak,” katanya.
(nng)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2537 seconds (11.210#12.26)