Sukses Atasi Ketimpangan Gender, Digiserve Raih Penghargaan dari UN Women

Rabu, 03 November 2021 - 18:47 WIB
loading...
Sukses Atasi Ketimpangan Gender, Digiserve Raih Penghargaan dari UN Women
UN Women memberi penghargaan kepada perusahaan yang sukses mengatasi ketimpangan gender. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dinilai sukses mengatasi ketimpangan gender dan mendukung partisipasi aktif perempuan dalam mendukung perekonomian nasional, Digiserve by Telkom Indonesia berhasil menjadi pemenang kedua dalam ajang penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards yang diadakan oleh UN Women Indonesia.

Baca juga: Raisa, BCL, Rizky Febian, Andmesh hingga Lesti Bersaing Jadi yang Terbaik di AMI Ke-24

Digiserve meraih penghargaan pada kategori Transparansi dan Pelaporan atas inisiatifnya yang memberikan prioritas untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan ekonomi perempuan di tempat kerja. Kategori Transparansi & Pelaporan merupakan apresiasi pada komitmen perusahaan terhadap transparansi dan pelaporan data gender yang melampaui persyaratan minimum.

Kategori tersebut ditujukan untuk perusahaan dan organisasi yang memiliki kerangka akuntabilitas dan telah menetapkan target, serta secara konsisten melaporkan dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja mereka untuk mencapai indikator gender (seperti didalam rekrutmen dan retensi, partisipasi perempuan dalam manajemen).

“Kami bangga menerima penghargaan dari UN-Women sebagai perusahaan yang responsif terhadap gender. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, Digiserve mendukung penerapan prinsip-prinsip pemberdayaan perempuan dan perusahaan telah berkomitmen untuk memberdayakan pekerja perempuan,” kata Agus F. Abdillah, Director Digiserve, dalam keterangannya, Rabu (3/11/2021).

Agus menambahkan, Digiserve berkomitmen untuk memberdayakan pekerja perempuan. Salah satunya dengan menggunakan GEARS sebagai alat diagnostic kesetaraan gender yang membantu organisasi menganalisis status kesetaraan gender, menunjukkan kesenjangan kesetaraan gender dalam organisasi, dan membantu pengembangan strategi untuk mengatasi ketidaksetaraan.

Agus juga menjelaskan upaya yang telah dilakukan perusahaannya untuk mendorong keterwakilan perempuan pada pimpinan perusahaan. Selain membuat kebijakan yang mendorong keterwakilan perempuan di jajaran pimpinan, perusahaan juga harus ikut mencari solusi agar tetap bisa duduk di posisi pimpinan dengan peran ganda di keluarga yang dimilikinya.

Ada beberapa upaya yang Digiserve lakukan untuk mendorong keterwakilan perempuan dalam pimpinan perusahaan. Pertama, ketika proses rekrutmen atau promosi, perusahaan mengusahakan agar kandidat laki-laki dan perempuan seimbang.



Semakin memperbanyak kandidat dalam proses promosi, maka peluang banyaknya kandidat perempuan juga semakin tinggi. Perusahaan juga harus mampu menyesuaikan dengan kebijakan yang mendukung kaum perempuan di tingkat pimpinan perusahaan, karena pegawai perempuan ada yang memiki peran ganda dan tanggung jawab dalam keluarga.

"Jadi perusahaan juga harus bisa mencari solusi untuk mengakomodasi hal ini,” tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)