Safari Jokowi ke Italia, Intip Sederet Kejadian Menarik di KTT G20

Kamis, 04 November 2021 - 14:48 WIB
loading...
Safari Jokowi ke Italia, Intip Sederet Kejadian Menarik di KTT G20
Presiden Jokowi menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Pertemuan G20 melibatkan pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa. FOTO/ABCNews Australia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hampir sepekan melakukan safari menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia. Pertemuan G20 melibatkan pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa tersebut telah berakhir pekan kemarin.

Kelompok G20 yang menyumbang 80 persen dari emisi dunia telah mencapai sejumlah kesepakatan untuk mengatasi perubahan iklim, termasuk janji untuk mengurangi emisi dan kandungan berbahaya bagi lingkungan. Dikutip dari ABCNews Australia Kamis (4/11), berikut sejumlah kejadian menarik saat konferensi berlangsung:

1. Indonesia Undang Pemimpin Dunia ke Bali

Italia telah menyerahkan kepemimpinan G20 kepada Indonesia dalam KTT G20 yang digelar di Roma, Minggu kemarin (31/10). Indonesia memegang kepemimpinan G20 untuk pertama kalinya dengan rencana pertemuan pemimpin G20 akan digelar di Bali pada akhir Oktober 2022.

Presiden Jokowi menyatakan komitmen Indonesia sebagai pemimpin G20 adalah untuk membantu upaya bersama dalam pemulihan ekonomi, yakni Recover Together, Recover Stronger, dengan pembangunan yang berfokus pada manusia, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga: Bertemu di Abu Dhabi, Jokowi Undang Pangeran MBZ ke KTT G20 di Indonesia

"Upaya tersebut harus dilakukan dengan cara luar biasa, terutama melalui kolaborasi dunia yang lebih kokoh, dan inovasi yang tiada henti," ujar Presiden Jokowi.

2. Kerja Sama Ekonomi Hijau antara Indonesia dan Australia

Anda mungkin sudah melihat foto Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison di jejaring sosial saat keduanya bertemu di G-20. Ada sejumlah hal yang mereka bahas. Salah satunya, Presiden Jokowi ingin agar kedua negara bekerja sama dalam pembangunan ekonomi hijau dan transisi energi.

Presiden Jokowi mendorong agar ada sejumlah kerja sama nyata, di antaranya di sektor digital, transisi energi dan inklusi keuangan bagi usaha kecil menengah dan perempuan. Saat keduanya berjumpa, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Australia bagi Indonesia selama pandemi COVID-19, khususnya bantuan vaksin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1651 seconds (10.101#12.26)