Makin Mesra, Menko Airlangga Beberkan Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi RI-PEA

Jum'at, 05 November 2021 - 19:09 WIB
loading...
Makin Mesra, Menko Airlangga Beberkan Kesepakatan Kerja Sama Ekonomi RI-PEA
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA) sepakat akan terus meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. Foto/Dok
A A A
DUBAI - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto yang ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Persatuan Emirat Arab (PEA) sekaligus Emir Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Airlangga mengutarakan, Indonesia dan PEA sepakat untuk tingkatkan kerja sama ekonomi .

“Indonesia dan PEA akan terus meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. Kita juga sepakat untuk terus meningkatkan angka perdagangan dan menaikkan peringkat investasi PEA di Indonesia,” ujar Menko Airlangga .



Secara khusus, Indonesia berharap PEA dapat meningkatkan investasi di bidang kesehatan dan ekonomi hijau berkelanjutan. “Selain itu, juga melakukan langkah-langkah peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi termasuk di bidang industri pertahanan melalui mekanisme bilateral yang telah terbentuk," imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut Indonesia dan PEA juga menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dan perjanjian antar kedua negara dalam berbagai bidang, baik itu kerja sama antar kementerian, lembaga dan perusahaan antar kedua negara.

Selain investasi, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga membahas isu di bidang perdagangan.



Kedua pemimpin sepakat agar perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara kedua negara dapat segera diselesaikan pada Maret 2022.

Dalam kunjungan ke PEA kali ini, Indonesia berhasil menyepakati komitmen bisnis dan investasi senilai USD32,7 miliar atau sekitar Rp464 triliun (kurs Rp14.200) dari 19 perjanjian kerja sama yang akan dipertukarkan.

Komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain kerja sama antara Indonesia Investment Authority (INA) dengan Abu Dhabi Growth Fund (ADG), INA dan DB World, floating solar panel antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bio product.

Selain itu juga berbagai kesepakatan G42 dengan mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomic, dan lain sebagainya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2362 seconds (0.1#10.140)