Jadi Tuan Rumah COP 4.2, RI Komitmen Hapus Merkuri pada 2030

Sabtu, 06 November 2021 - 19:30 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, sejalan dengan upaya pengurangan dan penghapusan penggunaan merkuri, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah sidang The Fourth Meeting of the Conference of Parties (COP 4.2) Konvensi Minamata di Bali pada Maret 2022 mendatang.

Menurut Rosa, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan wujud pengakuan dunia serta mengukuhkan kepemimpinan Indonesia dalam memainkan peran sentral diplomasi lingkungan hidup global.



Rosa menyebutkan untuk konferensi COP ini dilakukan dua kali yaitu COP 4.1 dilakukan secara daring pada November 2021 dan tatap muka pada Maret 2022 di Bali yang diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan yang lebih besar.

“Kami telah melakukan berbagai Koordinasi untuk kesiapan COP 4.2 di Bali, termasuk bandara internasional Bali bagaimana dalam menerima tamu dan kalau kemarin dilaksanakan secara virtual sekarang hybrid dan tatap muka,” ujarnya.

Momentum Konvensi Minamata ini dapat menjadi peluang besar Indonesia untuk meningkatkan perannya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara berkaitan dengan pengurangan dan penghapusan penggunaan merkuri.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)