KM Sabuk Nusantara Diluncurkan, Siap Layani Rute Gorontalo-Ternate

Sabtu, 06 November 2021 - 23:57 WIB
loading...
KM Sabuk Nusantara Diluncurkan, Siap Layani Rute Gorontalo-Ternate
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan kapal perintis yakni Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 76. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan kapal perintis yakni Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 76 yang resmi melayani pelayaran Gorontalo-Ternate.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Medy Purwanto mengungkapkan, dengan beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 76 ini diharapakan dapat mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah.

“Dengan beroperasinya Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 76 ini diharapakn dapat mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah-wilayah di Gorontalo, dengan rute pelayaran R-41 seperti rute Gorontalo-Luwuk-Banggai-Bacan-Ternate-Bacan-Banggai-Luwuk-Gorontalo,” ujarnya saat peluncuran di Gorontalo, Sabtu (6/11/2021).

Baca juga: Kembangkan Sektor Pelayaran, Menhub Gali Potensi Pasar Brunei Darussalam

Pada pelayaran perdananya, KM Sabuk Nusantara 76 ini mengangkut sebanyak 69 orang penumpang dan 55 ton barang. Peluncuran tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili oleh Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Medy Purwanto.

Kapal perintis KM Sabuk Nusantara merupakan salah satu program Tol Laut Presiden Joko Widodo dalam rangkaian bukti-bukti konkret dari Program Tol Laut.

Baca juga: Bertemu Pengusaha Turki, Menteri Basuki Tawarkan 9 Proyek Tol dan Bendungan

“Kami mengapreasiasi gerak cepat Bapak Gubernur yang kemarin telah mensosialisasikan pengoperasian perdana kapal sabuk nusantara 76 di radio RRI gorontalo. Kolaborasi dan kontribusi pemerintah daerah dalam menjaga, merawat dan mengoptimalkan kapal sangat kami harapkan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, KM Sabuk Nusantara 76 berukuran 2.000 GT dengan kapasitas penumpang sebanyak 484 orang. Harga tiket per penumpang di awal peresmian yakni termurah Rp13.000 dan termahal Rp33.000.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1601 seconds (10.101#12.26)