Program Wirausaha Pintar dari Taspen Raih Top 5 Inovasi Pelayanan Publik

Selasa, 09 November 2021 - 20:11 WIB
loading...
Program Wirausaha Pintar dari Taspen Raih Top 5 Inovasi Pelayanan Publik
Program Taspen, yakni Program Wirausaha Pintar, berhasil meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021 dari Kemenpan RB. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan/program bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN.

Kali ini salah satu program Taspen, yakni Program Wirausaha Pintar, berhasil meraih penghargaan TOP 5 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPANRB ).



Penghargaan diserahkan secara daring oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih dan didampingi oleh Direktur Operasional Taspen Mohamad Jufri, Selasa (9/11).

“Merupakan kebanggaan bagi kami untuk menerima penghargaan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Kategori Oustanding Achievement of Public Service Innovation 2021. Untuk itu, kami berterima kasih kepada seluruh insan Taspen yang telah bekerja keras dan menghasilkan kinerja optimal," ujar Direktur Utama Taspen, A.N.S Kosasih di Jakarta.

"Penghargaan ini juga dapat kami raih berkat dukungan para peserta program yang sangat antusias dalam mengikuti Program Wirausaha Pintar. Ke depan, Taspen akan terus berinovasi menghadirkan program-program yang bermanfaat bagi para ASN dan pensiunan ASN agar tetap produktif," sambungnya.

Program Wirausaha Pintar merupakan bentuk layanan extra miles dari Taspen untuk memastikan kesejahteraan ASN dan pensiunan pada masa pensiunnya. Program Wirausaha Pintar ini menjadi penting karena rata-rata para pensiunan kehilangan pendapatan lebih dari 70% dibandingkan saat masih aktif bekerja.

Melalui Program Wirausaha Pintar, Taspen memberikan pembekalan berupa sosialisasi mengenai entrepreneurship bagi para ASN yang dalam 2-3 tahun ke depan akan memasuki masa purnatugas. Diharapkan, mereka dapat mandiri secara finansial, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental karena tetap produktif di hari tua.

“Taspen sebagai perusahaan asuransi bagi ASN, juga sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakat umum. Program Wirausaha Pintar diharapkan dapat menjadi wujud aktif Taspen dalam membantu membuka lapangan pekerjaan baru dan menjadi wadah pemberdayaan masyarakat umum di lingkungan sekitar pensiunan ASN,” kata A.N.S Kosasih.



Hingga kini, tercatat jumlah peserta Program Wirausaha Pintar telah mencapai 82.582 ASN yang menjadi obyek pelatihan wirausaha dan 1.505 wirausahawan ASN. Program Wirausaha Pintar telah dilaksanakan di 57 kantor cabang Taspen dengan dukungan mitra perbankan. Pada tahun 2019, Program Wirausaha Pintar juga menjadi objek benchmark oleh GEPS Korea Selatan.

Demi kenyamanan dan keselamatan peserta di masa pandemi, Taspen menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare dan Otentikasi Digital.

Lebih lanjut, peserta pensiunan dapat mengakses layanan Taspen melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)