Sirkuit Mandalika Jadi Rebranding Indonesia di Mata Dunia

Sabtu, 13 November 2021 - 12:36 WIB
loading...
Sirkuit Mandalika Jadi Rebranding Indonesia di Mata Dunia
Langkah Jokowi yang menjajal Sirkuit Mandalika mempermanis rebranding Indonesia di mata dunia. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pengamat bisnis dan brand, Yuswohady, mengatakan peresmian Sirkuit Mandalika menjadi sangat penting sebagai sebuah momentum rebound bagi Indonesia dari keterpurukan akibat pandemi. Digelarnya World Superbike dan Moto GP di Sirkuit Mandalika akan menjadi wajah baru atau rebranding Indonesia di mata dunia.



"Peresmian sirkuit Mandalika jadi momentum curi start Indonesia keluar dari krisis pandemi. Dan momentum itu menjadi semakin manis dan dramatis dengan hadirnya foto Pak Presiden," ujar Yuswohady di Jakarta (13/11/2021).

Momen ini menurutnya jadi seperti klimaks karena sebelumnya di halaman pertama, New York Times (17/7/2021) menuliskan headline besar, 'The Pandemic Has a New Epicentrum: Indonesia'. Gelombang kedua yang menghantam membuat Indonesia dicap sebagai "sarang" baru penyebaran Covid-19 di dunia.



"Akibat 'brand' tersebut, dampaknya berbagai negara menutup pintu gerbang bagi Indonesia," katanya.

Namun kemudian Indonesia cepat move-on. PPKM ketat dijalankan, vaksin digenjot, dan hasilnya luar biasa: kasus kematian akibat Covid-19 turun drastis.



Berikutnya Indonesia balik dipuji dunia internasional sebagai salah satu negara yang paling berhasil menangani pandemi di momen yang tepat karena sirkuit Mandalika diresmikan.

"Semoga gelombang ketiga tidak menghantam kita. Karena masa hampir dua tahun ini harusnya masyarakat sudah belajar bersikap new normal," tambahnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)