Ditopang E-Commerce, Perigi Logistics Optimis Industri Logistik Membaik di 2022

Senin, 15 November 2021 - 22:59 WIB
loading...
Ditopang E-Commerce, Perigi Logistics Optimis Industri Logistik Membaik di 2022
Tim Perigi Logistics menghadiri pelepasan ekspor perdana pakan hewan peliharaan dari CP Prima, Kamis (11/11/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Perigi Raja Terpadu (Perigi Logistics) optimistis industri logistik pada tahun 2022 akan membaik dan berkembang signifikan. Momentum pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 akan dimanfaatkan oleh perseroan untuk meningkatkan layanan dan memperkuat kemitraan dengan semua lini industri.

CEO Perigi Logistics Indra Buana memaparkan beberapa hal yang mendasari optimisme dalam menyongsong tahun yang akan datang. Selain melandainya kasus Covid-19 dan gencarnya upaya pemerintah mengejar target vaksinasi 70% penduduk pada akhir 2021, meningkatnya belanja daring (online) dan e-commerce berdampak positif terhadap kinerja bisnis logistik dan jasa pengiriman.

"Peningkatan belanja online sangat berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dikarenakan proses yang lebih mudah dan cepat, sehingga pihak ketiga (pengelola platform belanja online) semakin berkonsentrasi kepada kepuasan pelanggan," kata Indra, Senin (15/11/2021).



Belanja online yang kian digandrungi saat pandemi memang menjadi berkah tersendiri bagi bisnis logistik. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada masa pandemi distribusi komoditas mengalami peningkatan hingga 70% dengan posisi angkutan barang sebanyak 35,8 juta.

Mengutip data Bank Indonesia (BI), transaksi e-commerce pada tahun ini diproyeksikan tembus Rp395 triliun, naik dibanding tahun 2020 yang mencapai Rp266,3 triliun.

Menurut Indra, Perigi Logistics saat ini juga melayani banyak bisnis e-commerce yang mendistribusikan jutaan produk setiap bulannya, di mana pada tahun lalu terjadi peningkatan volume pengiriman barang dari para pelanggan.

"Dari beberapa lini bisnis yang kami jalankan, kontributor terbesar berasal dari bisnis pergudangan dan e-commerce dengan kontribusi yang dihasilkan sekitar 60%," paparnya.



Lebih lanjut, Indra memproyeksikan, pada tahun mendatang produk-produk ramah lingkungan dan juga produk makanan beku yang terbuat dari bahan organik, akan mengalami peningkatan. Kabar baiknya, bisnis yang dijalankan Perigi Logistics berkaitan dengan semua hal tersebut dan juga kemitraan yang telah dijalin Perigi Logistics selama ini.

"Tahun 2022 Perigi ingin menjadi perusahaan yang dapat membantu dan mengakomodir semua lini industri melalui pelayanan dan harga yang bersaing," ucapnya.

Indra pun lantas membeberkan beberapa kerja sama atau kemitraan yang telah dilakukan. Terbaru adalah dengan PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima) yang pada Kamis (11/11/2021) lalu melepas ekspor perdana pakan hewan peliharaan ke Brunei Darussalam dengan volume 10 ton dan bernilai USD10.000.

"Untuk ekspor CP Prima ini, kami sebagai mitra perusahaan logistik membantu pengiriman produk pakan mengunakan trucking container yang kemudian bekerja sama dengan pihak pelayaran untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan negara yang dituju," urainya.



Indra menambahkan, Perigi Logistics juga menjalin kemitraan dengan PT Kaldu Sari Nabati (Nabati Snack) dalam hal transportasi dari pusat distribusi utama ke beberapa daerah di Jawa Barat dan Sumatera. Selain itu juga kemitraan dengan PT. KLIN Indonesia sebagai salah satu perusahaan pionir untuk pengolahan limbah B3 di Jembrana, Bali.

Sementara itu, menyikapi persaingan di industri logistik yang kian ketat, Indra membeberkan sejumlah langkah strategis yang ditempuh perseroan. Antara lain dengan mengutamakan aspek pelayanan untuk kepuasan pelanggan dan mengedepankan komunikasi dua arah. Selain itu, lebih memahami karakteristik perusahaan sendiri agar memudahkan Perigi untuk melakukan penjualan dan mencari mitra-mitra usaha yang berhubungan dengan produk-produk yang dimiliki oleh Perigi, serta memberikan profit share dan diskon jika dibutuhkan.

Sebagai informasi, Perigi Logistics merupakan perusahan kepemilikan lokal yang mengawali usaha melalui pengiriman kurir yang kemudian merambah kepada pengiriman tingkat internasional dan e-commerce. Saat ini lini bisnis Perigi Logistics mencakup Forwarding, Customs Brokerage, Air import Bonded Warehouse, Air Domestic, Transportation, E commerce dan Project Cargo.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)