alexametrics

Rapid Test Gratis Pelindo 3 Jangkau Warga di Ujung Pulau Madura

loading...
Rapid Test Gratis Pelindo 3 Jangkau Warga di Ujung Pulau Madura
Pelaksanaan rapid test gratis dari Pelindo 3 di Rapid test gratis pada warga sekitar dan calon penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Kamis (4/6/2020). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Bantuan rapid test Covid-19 gratis yang di gelar oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo 3 terus menjangkau berbagai wilayah di Jawa Timur. Terkini, masyarakat pesisir dan calon penumpang kapal di ujung Pulau Madura yang mendapatkan bantuan tersebut.

Rapid test gratis tersebut digelar Kamis (4/6) pada warga yang berada di sekitar Pelabuhan Kalianget Sumenep dan para calon penumpang di pelabuhan tersebut. Kegiatan yang merupakan dukungan Pelindo 3 bagi upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi itupun diikuti msayarakat dengan antusias.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan dibantu oleh petugas keamanan dari TNI/Polri, tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah Sumenep melayani rapid test calon penumpang di Pelabuhan Kalianget Sumenep Madura. Sebanyak 3.500 alat rapid test gratis disiapkan oleh Pelindo 3 untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka berpergian ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.



(Baca Juga: Pelindo III Gelar Rapid Test Gratis di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Ketapang)

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo 3 Toto Heliyanto menjelaskan, pelaksanaan rapid test gratis yang diselenggarakan oleh pihaknya kini difokuskan pada wilayah-wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan, terutama rujukan Covid-19. Harapannya, langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi tersebut. Terlebih, Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu masuk di Madura.

"Kami terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas rapid test secara masif. Salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini. Harapannya, program ini bisa menekan penyebaran pandemi di Sumenep, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan pendeteksian dini seperti saat ini," ungkap Toto Heliyanto dalam siaran pers, Jumat (5/6/2020).

Bupati Sumenep KH Abuya Busyro Karim menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo 3 karena telah menyelenggarakan program tersebut. Program rapid test Covid-19 gratis dinilai sangat bermanfaat membantu mendeteksi serta memetakan penularan Pandemi di wilayahnya serta mematangkan persiapan pemerintah daerah untuk mulai melakukan pola new normal pascapandemi.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo 3 yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada para penumpang kapal dari dan menuju Kabupaten Sumenep. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk kami. Apalagi sebentar lagi akan mulai kembali aktivitas pondok pesantren dan lainnya sehingga kami bisa memetakan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Sumenep khususnya kawasan pesisir," ungkap Busyro Karim.

Ahmad Rofii (50 tahun) salah satu calon penumpang kapal tujuan Pelabuhan Jangkar Situbondo yang mengikuti rapid test Covid-19 gratis mengaku senang mendapatkan fasilitas rapid test gratis dari Pelindo 3. Menurutnya, fasilitas rapid test tersebut memudahkan mereka melengkapi persyaratan berpergian sekaligus memantau kondisi kesehatan mereka di masa pandemi.

"Bantuan rapid test dari Pelindo 3 ini sangat bermanfaat buat kami khususnya calon penumpang karena saat ini kan ada syarat harus menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian. Jadi memudahkan kami para calon penumpang. Selain itu juga kami bisa terus memantau kondisi kesehatan kami di tengah pandemi ini," kata Ahmad Rofii.

Rencananya pelaksanaan rapid test gratis di Pelabuhan Kalianget akan digelar 3 hari mulai tanggal 3 Juni hingga tanggal 5 Juni. Pelindo 3 juga terus berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membahas teknis pelaksanaan bantuan 50.000 rapid test massal gratis tersebut.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top