Pelindo III Gelar Rapid Test Gratis di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Ketapang

Selasa, 02 Juni 2020 - 16:25 WIB
loading...
Pelindo III Gelar Rapid Test Gratis di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Ketapang
Pelindo III menggelar rapidtest gratis bagi calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyebrangan Ketapang Banyuwangi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus mewujudkan kebijakan Pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Bantuan sebanyak 50.000 rapid test gratis bagi warga pesisir, pelabuhan hingga pondok pesantren pun terus disebar di Jawa Timur.

Kali ini giliran calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyebrangan Ketapang Banyuwangi mendapatkan fasilitas rapid test Covid-19 gratis dari Pelindo III.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan dibantu petugas keamaan dari TNI/Polri, Selasa (2/6/2020), tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah banyuwangi dengan sigap melayani satu per satu calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi. Sebanyak 3.000 alat rapid test disiapkan untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka menyeberang menuju Pulau Bali dan Pulau Sapeken Madura.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heli Yanto menjelaskan, rapid test gratis yang diselenggarakan di Ketapang Banyuwangi ini merupakan rangkaian kegiatan bantuan 50.000 rapid test gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo 3 kepada masyarakat maritim, kampung nelayan, warga di pelabuhan hingga pondok pesantren. Hal ini bertujuan mendukung program pemerintah memetakan dan memutus penyebaran Covid-19 sekaligus membantu masyarakat maritim melakukan pendeteksian dini kesehatan mereka di tengah pandemi.

"Kami melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Jadi tim kami bekerja sama dengan gugus tugas Pemerintah Daerah setempat yang datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran Covid-19. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia," jelas Toto Heli Yanto.

(Baca Juga: Pelindo III Sediakan 50.000 Alat Rapid Test Covid-19 di Zona Merah)

Di kegiatan rapid test tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo III yang telah menggelar program rapid tes gratis di pelabuhan yang dikelola Dinas Perhubungan. Menurutnya, bantuan dari Pelindo III sangat bermanfaat bagi calon penumpang yang wajib menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian. Selain itu juga membantu Pemerintah Daerah Banyuwangi mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pelindo III yang sudah memberikan fasilitas rapid test gratis kepada teman teman kami bagi tim dan calon penumpang, tentunya ini akan sangat bermanfaat sekali untuk memetakan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah penyeberangan dan pelabuhan khususnya kawasan pesisir Kabupaten Banyuwangi," jelas Ali Ruchi.

Rencananya pelaksanaan rapid test gratis di pelabuhan penyeberangan Ketapang Banyuwangi akan di gelar hingga tanggal 4 Juni mendatang. Di sisi lain Pelindo 3 terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan pemerintah daerah setempat membahas teknis pelaksaan bantuan 50.000 rapid test massal gratis tersebut.

Selain itu, Pelindo III juga terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 melalui RS Pelindo 3 yaitu RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)