3 Tips buat Kaum Muda agar Tak Keblangsak di Hari Tua

Kamis, 18 November 2021 - 15:15 WIB
loading...
3 Tips buat Kaum Muda agar Tak Keblangsak di Hari Tua
Kalangan muda harus memiliki kemampuan mengelola keuangan. Foto/debt.com
A A A
JAKARTA - Generasi milenial kerap merasakan banyak godaan finansial. Jika tidak pandai mengelola keuangan , maka bisa hidup susah di masa tua.



Tidak sedikit generasi milenial yang juga punya kecenderungan untuk mengutamakan gaya hidup, alih-alih mencukupi kebutuhan primer. Alhasil, sikap tersebut memunculkan kebiasaan yang berpotensi membahayakan kondisi keuangan di masa mendatang.

Lantas, apa saja kesalahan keuangan yang harus dihindari generasi milenial?

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, menjelaskan, ada tiga kesalahan keuangan milenial (dan Gen Z) yang perlu dihindari. Mulai dari mencampuraduk semua pos pengeluaran, hingga tidak menyiapkan pengeluaran tahunan.

“Gimana tengah bulannya #temanPrita? Masih tersenyum? Mulai tua penampakan saldo & dompet? atau tua banget butuh asupan retinol? Tenang tenang tenang…coba liat deh #tipsPrita kali ini, siapa tahu bermanfaat supaya ga kejebak cycle yang sama,” tulis Prita di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Kamis (18/11/2021).



Berikut tiga kesalahan keuangan milenial (dan Gen Z) yang perlu dihindari:

1. Mencampuraduk Semua Pos Pengeluaran
Meski spending plan bulanan sudah dibuat rapi menjadi living 50%, saving 30%, dan playing 20%, tapi jika uang penghasilan masih saja dikelola dalam satu rekening, pastinya bablas sebelum tanggal gajian adalah sebuah keniscayaan.
Tipsnya: tiga pos pengeluaran itu harus dibagi menjadi tiga terpisah.

2. Tidak Sadar Saat Membayar dengan Alasan #Selfreward
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8256 seconds (0.1#10.140)