Pacu Perdagangan dan Pariwisata, Ketua DPD Dukung Penambahan Akses ke Tol Serang-Panimbang

Minggu, 21 November 2021 - 17:50 WIB
loading...
Pacu Perdagangan dan Pariwisata, Ketua DPD Dukung Penambahan Akses ke Tol Serang-Panimbang
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung penambahan akses menuju jalan tol Serang-Panimbang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung penambahan akses menuju jalan tol Serang-Panimbang, Banten. Pembukaan akses akan membantu menggerakkan sektor-sektor potensial seperti perdagangan dan pariwisata.

"Akses menuju jalan tol jelas sangat penting. Saat ini masyarakat Banten memang telah dapat menikmati kemudahan dengan fasilitas akses jalan raya. Hanya saja, untuk membantu menggerakkan roda perekonomian, akses tersebut harus ditambah," kata LaNyalla, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Jadi, Jarak Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Cuma 1,5 Jam

Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan, sektor-sektor potensial seperti perdagangan dan pariwisata bisa terbantu dengan akses yang mudah. "Sektor perdagangan dan pariwisata membutuhkan kemudahan akses. Dua sektor ini akan sangat merasakan dampak positif jika akses menuju tol ditambah," tukasnya.

Dengan alasan tersebut, LaNyalla mendukung Pemprov Banten untuk melakukan penambahan akses jalan tol Serang-Panimbang agar ditembuskan ke wilayah Bayah, Lebak Selatan. Dengan akses melalui tol, jalan darat yang ditempuh dari Rangkasbitung atau Lebak ke Sukabumi akan lebih mudah dan cepat.

"Salah satu daerah yang akan merasakan impact jika rencana ini diwujudkan adalah Daerah Bayah yang kaya akan sumber daya alam dan sangat melimpah namun belum dikelola dengan baik," tuturnya.



Baca juga: Jadi Kawasan Wisata Favorit, Ini 3 Hal Menarik di Dalam Tugu Monas

Selain terdapat pertambangan emas, lanjut dia, di Bayah terdapat sektor potensial lainnya seperti perkebunan dan pariwisata. "Dengan akses jalan tol tersebut, maka pengelolaan dan pemanfaatan SDA secara maksimal akan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya.

Selama ini, daerah Bayah menuju Cikotok lalu tembus ke Sukabumi tidak dapat dikelola dengan baik karena sangat jauh dari jangkauan. Dengan dibangunnya akses jalan, Lebak akan dapat memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin.
(ind)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2301 seconds (11.97#12.26)