Denmark Dukung Percepatan Pengembangan Energi Hijau di NTB

Rabu, 24 November 2021 - 10:43 WIB
loading...
Denmark Dukung Percepatan Pengembangan Energi Hijau di NTB
Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Denmark yang menegaskan kembali kemitraan energi hijau tentang percepatan energi terbarukan baik di tingkat nasional maupun lokal. Pertemuan ini merupakan bagian dari kunjungan kerja selama 3 hari di Jakarta dan Surabaya.

"Acara hari ini menandai tonggak baru untuk hubungan bilateral antara Indonesia dan Denmark pasca-COP26, dan karenanya, memperkuat kemitraan energi yang sudah erat antara kedua negara," ujar Arifin pada Indonesia-Denmark Energy Business-to-Business Forum, dikutip Rabu (24/11/2021).

Arifin mengatakan, Forum Energi B2B Indonesia-Denmark adalah platform yang tepat bagi entitas bisnis untuk mengeksplorasi prospek dan inisiatif pengembangan energi terbarukan dan efisiensi energi.



Menurut dia, Denmark telah menjadi mitra penting dalam perjalanan Indonesia menuju transisi energi. Selain program bilateral yang sedang berjalan seperti Indonesia-Denmark Partnership Program (Indodepp) dan Sustainable Island Initiatives (SII), beberapa perusahaan energi Denmark juga berencana berinvestasi di Indonesia. Proyek-proyek tersebut akan dilaksanakan oleh Copenhagen Infrasrukture Partners (USD700 juta), Vestas (USD400 juta), dan Howden (USD40 juta).

Di bawah kemitraan kerja sama bilateral, Denmark telah menyelesaikan laporan studi mereka tentang RE Pipeline, serta hasil Studi Pra-FS pada Proyek EBT di Sulawesi Utara dan Riau. Studi-studi ini diselesaikan untuk menjembatani kesenjangan antara Rencana Energi Nasional dan Proyek EBT Provinsi.

"Dalam kemitraan tingkat provinsi lainnya, saya mencatat bahwa pemerintah Denmark juga mendukung transisi energi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saya berharap proyek kemitraan semacam ini dapat direplikasi di provinsi atau daerah lain di Indonesia," ujar Arifin.

Arifin mengatakan, telah melakukan pembicaraan secara bilateral dengan Menteri Kofod untuk membahas masalah dekarbonisasi dan komitmen pasca-COP26. "Kami berdua sepakat tentang pentingnya kolaborasi internasional untuk mengejar kepentingan bersama dalam transisi energi. Oleh karena itu, saya mengapresiasi segala dukungan yang diberikan Pemerintah Denmark kepada Pemerintah Indonesia di bidang energi," tuturnya.



Delegasi Denmark dipimpin Menteri Luar Negeri Denmark, H.E Jeppe Sebastian Kofod menjelaskan, kedatangan delegasi Denmark ke Indonesia ini merupakan wujud dan tindakan langsung kemitraan antara Denmark dengan Indonesia untuk melakukan transisi energi di tingkat nasional maupun provinsi.

"Hari ini kami mempresentasikan total 3 laporan bagaimana melakukan langkah-langkah transisi energi hijau. laporan pertama, Indonesia's Renewable Energy Pipeline, menunjukkan bahwa untuk mencapai target 23% energi terbarukan pada tahun 2025 dapat dijangkau oleh sektor ketenagalistrikan," paparnya.

Laporan kedua tentang Pre-feasibility studies for Renewable Energy di dua provinsi di Indonesia, yaitu Sulawesi Utara dan Riau, dari hasil laporan ini menunjukkan bahwa terdapat peluang bisnis untuk pengembangan energi terbarukan di kedua provinsi.

"Denmark berencana akan memperkuat kerja sama dengan provinsi lain dengan menambahkan lebih banyak provinsi sebagai mitra dalam Sustainable Island Initiative," ujar Kofod.



Kofod melanjutkan, komitmen pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) terhadap net-zero adalah contoh kerja sama dengan provinsi yang baik sehingga dapat mempercepat perkembangan energi hijau.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya berjanji NTB akan menjadi provinsi terdepan dengan target net-zero emisi pada tahun 2050 dengan target 60% pangsa EBT di Lombok Grid pada 2030 dan 100 persen share EBT di NTB Grid pada 2040.

"Transisi ini akan didukung melalui kelanjutan yang kuat kerjasama energi antara Provinsi NTB dengan Danish Energy Agency dalam program Sustainable Island Initiative (SII). pada tahun 2050 serta mengaitkannya dengan investasi atau pembiayaan untuk membuat proyek menjadi realistis," pungkas Zulkieflimansyah.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)