Tembus 50 Besar ADWI, Menparekraf Dorong Desa Ara Bulukumba Hadirkan Wisata Pinisi

Jum'at, 26 November 2021 - 08:40 WIB
loading...
Tembus 50 Besar ADWI, Menparekraf Dorong Desa Ara Bulukumba Hadirkan Wisata Pinisi
Menparekraf Sandiaga Uno melihat kerajinan miniatur kapal pinisi. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Desa Ara di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berhasil lolos ke tahap 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk menghadirkan wisata pinisi dan museum pinisi sebagai salah satu atraksi andalannya.

Desa Wisata Ara yang berjarak 182 kilometer dari Kota Makassar ini merupakan salah satu desa yang dikenal sebagai sentra pembuatan kapal pinisi di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Kapal pinisi asal Bulukumba sendiri juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2017 silam.

"Sampai saat ini Desa Wisata Ara belum memiliki (wisata pinisi). Jadi itu nanti adalah bentuk kolaborasi yang akan kita pimpin dan akan saya tunjuk agar bisa segera terwujudkan," kata Sandiaga saat visitasi ke Desa Wisata Ara, Kamis (25/11/2021).



Selain mendorong kehadiran wisata pinisi, Sandiaga juga ingin agar masyarakat Desa Ara, terutama yang berprofesi sebagai perajin kapal pinisi untuk menetap di kampung halamannya. Mengingat banyak diaspora Desa Ara yang merantau keluar daerah karena keterbatasan bahan baku pembuatan pinisi.

Oleh karena itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Poltekpar Makassar untuk memberikan sertifikasi sebagai upaya meningkatkan kemampuan para perajin dan mempermudah akses memperoleh bahan baku. "(Sertifikasi) ini digandeng dengan Direktorat SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Agar kompetensi para perajin ini bisa langsung kita hadirkan," katanya.

Selain itu, Sandiaga mengatakan pihaknya juga akan mendorong pembangunan bandara di Bulukumba ke pihak-pihak terkait sebagai upaya mempermudah aksesibilitas wisatawan berkunjung ke Bulukumba dan destinasi-destinasi wisata di sekitarnya. "Bandara menurut saya adalah bagian dari interkonektivitas dan ini bandaranya bandara pariwisata yang terkoneksi ke daerah wisata lain," tuturnya.



Pada kesempatan yang sama, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Desa Wisata Ara. Menurut dia, Bulukumba memiliki keindahan alam yang luar biasa termasuk kekayaan terumbu karang dan biota lautnya.

"Bulukumba memiliki pantai sepanjang kurang lebih 128 kilometer dan 51 kilometer diantaranya adalah pantai berpasir putih yang indah dan cantik seperti ini. Sangat cantik dan tidak kalah dengan daerah lainnya," bebernya.

Selain perajin pinisi, Desa Wisata Ara juga memiliki keindahan alam berupa pantai dan tebing-tebing, salah satunya Tebing Apparalang. Selain itu juga kekayaan ekonomi kreatif di subsektor seni, kriya, dan fesyen.



Diantaranya Tari Pakarena Ara, Tari Salonreng, miniatur phinisi, seni ukir anjong, dan teba. Serta aneka ragam kuliner seperti kue dumpi eja, kue dumpi laiya, dan cucuru.

Dalam visitasi ini, Sandiaga juga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua, Direktur Poltekpar Makassar M. Arifin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Jufri, Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, dan Anggota Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)