Kembangkan 5 DPSP, Kemenparekraf Gandeng 5 Elemen Kekuatan

Rabu, 01 Desember 2021 - 19:15 WIB
loading...
Kembangkan 5 DPSP, Kemenparekraf Gandeng 5 Elemen Kekuatan
Suasana Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) mendukung upaya Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) melalui model kerja sama pentahelix.

Baca juga: Sandiaga: Investasi di DSP Danau Toba Ciptakan Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Menparekraf) Sadiaga Salahuddin Uno mengatakan, model pentahelix akan lebih mudah memecahkan kendala di lapangan dalam pengembangan DPSP bersama lima elemen, yaitu akademisi, pengusaha, komunitas, regulator, dan media.

"Pengembangan ke depan kami akan optimalkan kerja sama dengan pentaihelix," ujar Sandiaga dalam Rakornas Percepatan Pengembangan 5 DPSP, Rabu (1/12/2021).

Lima destinasi tersebut antara lain Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Melalui metode kerja sama tersebut nantinya Kemenparekraf akan menggandeng perguruan tinggi, BRIN, dan lembaga Indef sebagai konseptor. Selain itu Kemenparekraf juga mengajak asosiasi pengusaha seperti Kadin, PHRI, GIPI ASITA, Hippindo, Aeli, Himbara, serta lembaga keuangan non-bank.





Dari sisi akselerator, Kemenparekraf akan menggandeng komunitas seperti Pokdarwis, Genpi, Sahabat UMKM, asosiasi dan komunitas lainnya. Dari sisi regulator, Kemenparekraf berharap kepada pemerintah daerah untuk mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu Kemenparekraf juga menggandeng media dalam kerja sama pentahelix ini untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan kepada masyarakat akan destinasi wisata yang telah dikembangkan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (10.101#12.26)