Ciptakan Peluang, Sandiaga Beri Bantuan Peralatan ke Anak Muda Desa Wisata Detusoko  

Kamis, 02 Desember 2021 - 10:38 WIB
loading...
Ciptakan Peluang, Sandiaga Beri Bantuan Peralatan ke Anak Muda Desa Wisata Detusoko  
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Detusoko Barat, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/12/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guna menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyerahkan sejumlah bantuan kepada anak muda Desa Wisata Detusoko Barat, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Sandiaga Uno ketika menetapkan Desa Wisata Detusoko Barat sebagai 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021, pada Rabu (1/12/2021).



Bantuan pertama adalah penyerahan sejumlah alat musik kepada Sanggar Dau Dole. "Apresiasi peralatan musik juga di berikan kepada Group musik yang ada di sini yaitu Group Musik Sanggar Dau Dole, kita hadirkan untuk membantu destinasi wisata ini menarik untuk wisatawan," ujar Sandiaga.

Bersamaan dengan penyerahan alat musik tersebut, Sandiaga juga menyerahkan plakat serta paket CHSE kepada pengelola Desa Wisata Detusoko Barat. Plakat tersebut diberikan sebagai rasa syukur sekaligus terima kasih atas perjuangan masyarakat Desa Wisata Detusoko Barat yang telah menghadirkan destinasi wisata terbaik.

Selain itu, guna menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja, Sandiaga juga menyerahkan sejumlah peralatan pertukangan listrik kepada kalangan muda. Bantuan itu di antaranya berupa bor, gergaji mesin hingga gerinda listrik.



Pada kesempatan tersebut Sandiaga menegaskan bahwa ekonomi kreatif merupakan ekonomi yang berbasis penambahan nilai, kreatifitas dan inovasi yang dibungkus dalam Hak Kekayaan Intelektual. Oleh karena itu, kata dia, dibutuhkan alat-alat bantu produksi agar masyarakat, khususnya kalangan muda bisa berkreasi.

"Saya ingin mendorong desa-desa ini untuk menjadi desa kreatif, selain memiliki daya tarik alam dan budaya," jelasnya. "Alhamdulillah kita langsung gerak cepat, jadi hari ini kita hadirkan alat-alat ini, bantuan alat-alat musik untuk sanggar agar semakin maju Desa Wisata Detusoko Barat ini. Harapannya ekonomi bangkit, lapangan kerja tercipta di sini," imbuhnya.

Penyerahan beragam bantuan tersebut secara langsung diapresiasi Bupati Ende Djafar H Achmad. Djafar berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Wisata Detusoko Barat. "Terima kasih kepada Bapak Menteri yang sudah datang keempat ini. Datang ke tempat ini membuat kami bangga," ujarnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)