Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51% Saham Elnusa

Sabtu, 04 Desember 2021 - 21:53 WIB
loading...
Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51% Saham Elnusa
PHE resmi menguasai 51% saham Elnusa. FOTO/dok.Elnusa
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi menguasai 51% saham PT Elnusa Tbk . Transaksi jual beli saham saham ini dilakukan pada Rabu (1/12) lalu.

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut kepemilikan saham perseroan sebelumnya dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina, yakni sebanyak 9,9% yang kini dibeli oleh PHE.

"Lewat transaksi tersebut, PHE menjadi pemegang saham mayoritas Elnusa sebesar 51 persen," ungkap Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir dalam keterangan resminya, dilansir, Sabtu (4/12/2021).



Menurut dia aksi korporasi tersebut merupakan sinyal positif bagi perseroan sekaligus bukti nyata dari upaya penguatan dalam pembentukan subholding upstream Pertamina, termasuk penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu minyak dan gas (migas).

"Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional subholding upstream ke Elnusa sebagai pemegang saham pengendali," tutur Ali.

Ali mengatakan, langkah strategis PHE ini akan mengokohkan posisi Elnusa sebagai perusahaan jasa energi di Indonesia, karena segmen bisnis yang lengkap dalam jasa energi dari hulu sampai hilir.



Ia berharap, aksi korporasi tersebut mampu memberikan solusi total kepada pelanggan dan akhirnya memberikan keuntungan, dan meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.

"Kami siap berkolaborasi dan bersinergi untuk berperan aktif mendukung subholding upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas jadi 1 juta BOPD pada 2030 mendatang," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)