Lengser dari Dirut PLN, Zulkifli Zaini Bakal Pimpin BUMN Lain

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:18 WIB
loading...
Lengser dari Dirut PLN, Zulkifli Zaini Bakal Pimpin BUMN Lain
Mantan Dirut PLN Zulkifli Zaini. Foto/Dok SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Usai mencopot Zulkifli Zaini dari posisinya sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero), Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Zulkifli akan mengemban amanah baru di perusahaan pelat merah lainnya.

Meski begitu, Erick enggan menyebut nama perseroan negara yang nantinya menjadi tempat penugasan Zulkifli. Namun, besar kemungkinan tugas baru yang diemban Zulkifli terkait percepatan implementasi energi baru terbarukan (EBT) di Tanah Air.

"Yang pasti kita harus lakukan percepatan renewable energy. Pak Zul (Zulkifli Zaini) bersepakat sama saya, Pak Zul bisa tetap bantu saya di tempat lain, tunggu saja tempat lainnya di mana," ujar Erick saat ditemui wartawan di kawasan Sarinah, Kamis (9/12/2021).



Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021, Kementerian BUMN pada Senin (6/12/2021) memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN menggantikan Zulkifli Zaini.

Erick Thohir sendiri menepis bila pencopotan Zulkifli sebagai Direktur Utama PLN lantaran tidak menandatangani rencana PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) mengakuisisi saham produsen mobil listrik asal Jerman, StreetScooter. Erick menegaskan tidak ada persoalan apapun dibalik pencopotan Zulkifli Zaini dari pucuk Dewan Direksi BUMN di sektor kelistrikan tersebut.

Di lain sisi, pemegang saham juga tengah menyiapkanperombakan Dewan Direksi dan Komisaris tiga BUMN pertambangan. Ketiganya yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Timah Tbk (TINS). Rencana tersebut dilakukan melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar pada Desember 2021.



Untuk ANTM, RUPSLB akan digelar pada 23 Desember 2021 mendatang. Mata acara inti yang gelaran tahunan tersebut adalah pergantian dewan direksi dan komisaris emiten.

Saat ini komisaris utama ANTM dipegang oleh Agus Surya Bakti yang diangkat pemegang saham sejak 19 Desember 2019 berdasarkan keputusan RUPS. Sementara direktur utama dijabat Dana Amin.

Bukit Asam pun akan menggelar RUPSLB pada 23 Desember 2021 mendatang. Saat ini direktur utama dipegang Suryo Eko Hadianto dan komisaris utama dijabat oleh Agus Suhartono.

Pada tanggal yang sama, TINS juga akan menggelar RUPSLB. Saat ini, direktur utama dipegang oleh Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan M Alfan Baharuddin menjabat sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)