Menteri Trenggono Ungkap Kelebihan Generasi Muda untuk Ekonomi Biru

Sabtu, 11 Desember 2021 - 17:30 WIB
loading...
Menteri Trenggono Ungkap Kelebihan Generasi Muda untuk Ekonomi Biru
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mengajak generasi muda kembangkan ekonomi biru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono menilai bahwa generasi muda Indonesia berperan besar dalam upaya mengenalkan dan menerapkan ekonomi biru di lingkungan sekitarnya.

"Peran pemuda tentunya sangatlah penting dalam upaya menyukseskan program-program pemerintah. Generasi muda saat ini juga menjadi salah satu kunci dari keberhasilan ekonomi biru di Indonesia," ujar Menteri Trenggono pada keterangan tertulisnya, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Cara Menteri Trenggono Jadikan Bitung Sentra Perikanan Dunia

Dalam pelaksanaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta peningkatan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat, saat ini KKP menginisiasi tiga program terobosan.

Pertama penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap wilayah pengelolaan perikanan untuk keberlanjutan ekologi. Kedua pengembangan perikanan budi daya berbasis pada ekspor dengan empat komoditas unggulan di pasar global, yaitu udang, lobster, kepiting, dan rumput laut.

"Ketiga pembangunan kampung perikanan budi daya berbasis kearifan lokal," katanya.

Menurut Trenggono melalui ketiga program tersebut diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda serta memiliki sikap dalam membangun dan mengelola bisnis ekonomi biru 4.0 di Indonesia.

Baca juga: Nabi Daniel Kabarkan Kedatangan Nabi Muhammad 1.200 Tahun sebelum Nabi Lahir

Menurutnya peran generasi muda memiliki kelebihan, yaitu mampu berpikir out of the box sehingga dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai. Generasi muda diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan serta memiliki sikap dalam membangun dan mengelola bisnis ekonomi biru 4.0 di Indonesia.

"Implementasi ekonomi biru ini sangat penting dalam transformasi tata kelola perikanan yang akan menjadi legacy bagi generasi mendatang, sebab kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan harus berlandaskan pembangunan ekonomi biru, sebagaimana tuntutan pembangunan global," pungkasnya.
(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2671 seconds (11.97#12.26)