Pasar Tradisional di Makassar Siap Terapkan Sistem Pembayaran Digital Qris

Senin, 13 Desember 2021 - 18:46 WIB
loading...
Pasar Tradisional di Makassar Siap Terapkan Sistem Pembayaran Digital Qris
Warga membayar belanjaan melalui transaksi digital Qris di Pasar Tradisional Kampung Baru, Makassar, baru-baru ini. Foto: SINDOnews/Muctahmir Zaide
A A A
MAKASSAR - Bank Indonesia berkomitmen untuk memperluas cakupan pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Hal itu salah satunya diwujudkan melalui peluncuran piloting program Sehat Inovatif Aman Pakai (Siap) Qris.

Tak hanya mal, program Siap Qris juga turut menyasar dan melibatkan pasar tradisional, yaitu Pasar Kampung Baru. Untuk mal, ada tiga yang menjadi piloting program, yaitu Mall Transmart, NIPAH, dan Mall Panakkukang.

Baca Juga: BI Sulsel
Diketahui, program Siap Qris merupakan kerja sama Bank Indonesia dengan Kementerian Perdagangan terkait penggunaan Qris, baik offline dan online pada pasar dan pusat perbelanjaan (mal) dalam upaya mendukung program Digitalisasi Pasar Rakyat, yang ditindaklajuti dengan launching piloting Program Pasar Siap Qris di pasar dan mall di masing-masing daerah.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel , Causa Imana Karana menyerahkan secara simbolik Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa sarana digitalisasi pasar kepada Pasar Kampung Baru Makassar.

Bantuan PSBI tersebut merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia untuk mewujudkan Program Digitalisasi Pasar bekerja sama dengan pemerintah daerah, Pperbankan, pengelola pasar serta asosiasi pedagang untuk memfasilitasi pembayaran non tunai, di antaranya menggunakan kanal pembayaran Qris.

Baca Juga: Bank Indonesia
Kepala Perwakilan BI Sulsel , Causa Iman Karana, mengungkapkan Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital dan implementasi Qris, termasuk di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

Kata dia, untuk mewujudkan Digitalisasi Pasar melalui program Siap Qris, diperlukan sinergi dan komitmen dari berbagai pihak, yaitu Pimpinan Daerah dan jajaran dinas terkait, perbankan serta asosiasi pengelola pasar dan pusat belanja.

Baca Juga: Bank Indonesia
Baca juga:Mulai Besok Tukar Uang Rusak Bisa Lewat Online, Begini Caranya

Sebanyak 82,13% dari total Qris Sulsel saat ini merupakan merchant dengan kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan capaian tersebut, Provinsi Sulsel berhasil meraih predikat Provinsi dengan implementasi QRIS terbaik di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dari jumlah merchant tersebut, Kota Makassar menyumbang sebesar 49,1% atau sebanyak 230.489 merchant. Jumlah tersebut tumbuh 152% (yoy), lebih tinggi daripada pertumbuhan nasional yang mencapai 144% (yoy).
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)