Bikin Mantan Pemulung Jadi Miliarder, Ini Kegunaan Tanaman Porang

Sabtu, 18 Desember 2021 - 23:00 WIB
loading...
Bikin Mantan Pemulung Jadi Miliarder, Ini Kegunaan Tanaman Porang
Tanaman porang tengah naik daun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tanaman porang tengah naik daun seiring kisah sukses petani pembudidaya porang di Jawa Timur yang dulunya pemulung namun kini menjadi miliarder berkat ekspor porang.

Tentunya publik pun banyak yang penasaran mengenai potensi dan manfaat porang. Seorang netizen pun menjelaskan berbagai kegunaan tanaman porang melalui video singkat yang diunggah di akun media sosial pribadinya.

“Balas @blacksoldierfly4495 ini kegunaanya umbi porang bang, semoga menjawab. Salam petani porang,” tulis pemilik akun TikTok in*o_p*t*n*_po*ra*ng, dikutip Sabtu (18/12/2021).



Dalam video berdurasi 33 detik itu, sang pemilik akun menjelaskan bahwa tanaman porang digunakan sebagai pengganti nasi di Jepang dan China. Pasalnya, tanaman ini banyak mengandung glukomanan.

“Tanaman porang sebagai pengganti nasi di Jepang dan China, karena kaya akan kandungan glukomanannya,” kata pemilik akun TikTok in*o_p*t*n*_po*ra*ng.

Lanjut dia, tanaman porang juga dapat digunakan sebagai bahan baku untuk kosmetik dan skin care. Selain itu, porang juga merupakan bahan baku utama beras porang shirataki konjac. “Porang juga merupakan bahan baku utama beras porang shirataki konjac,” ujarnya.



Lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa tanaman porang hanya dapat dibudidayakan di wilayah Asia Tenggara, di mana Indonesia menjadi negara terbesar yang mengekspor porang ke China.

Sebelumnya, viral kisah mantan pemulung jadi miliarder berkat tanaman porang. Mantan pemulung itu adalah Paidi, warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Paidi terkenal dengan nama Paidi Porang karena dia sukses menjadi miliarder berkat tanaman porang.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)