Konsorsium BUMN Menangi Pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam

Selasa, 21 Desember 2021 - 14:52 WIB
loading...
Konsorsium BUMN Menangi Pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam
Bandara Hang Nadim akan dikelola oleh konsorsium BUMN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengelolaan dan perbaikan Bandara Hang Nadi m Batam tengah digodok sejumlah BUMN . Pengelolaan itu meliputi desain, pembangunan, pembiayaan, pengalihan, pengoperasian, dan pemeliharaan.

Upaya pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) dengan PT Bandara Internasional Batam sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP). Penandatanganan kerja sama dilakukan pada, Selasa 21 Desember 2021.



BUP sendiri merupakan perusahaan yang dibentuk oleh Konsorsium PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I, Incheon International Airport Corporation (IIAC), dan PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA.

Penandatanganan ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pengumuman pemenang seleksi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Maret 2021 lalu.

Saat itu, Konsorsium AP I, IIAC, dan WIKA menjadi pemenang tender seleksi. Dan proses seleksi tersebut telah dilakukan secara terbuka dan sesuai regulasi yang berlaku. Pada Juli 2021 lalu juga telah dilakukan penandatanganan awal atau Heads of Agreement atau kerja sama pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam antara BP Batam dan Konsorsium AP I - IIAC - WIKA.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebut, perjanjian kerja sama pengelolaan dan pengembangan Bandara Hang Nadim Batam secara resmi berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura I melalui PT Bandara Internasional Batam sebagai badan usaha pengelolaan di bawah konsorsium Angkasa Pura I, IIAC, WIKA.

"Kemenangan konsorsium yang dipimpin Angkasa Pura I ini dalam seleksi pengelola Bandara Hang Nadim Batam merupakan milestone penting bagi perusahaan, karena merupakan pertama kalinya perusahaan memenangi persaingan di antara para pelaku kunci industri bandar udara lainnya, baik nasional maupun global, untuk mengelola bandara potensial," ujar Faik, Selasa (21/12/2021).

Pada kerja sama ini, BP Batam akan menyediakan seluruh area dan atau wilayah operasional Bandara Hang Nadim Batam sebagai wilayah kerja yang akan dipergunakan konsorsium untuk dikelola dan dikembangkan.

Sementara itu, konsorsium Angkasa Pura I, IIAC, WIKA, melalui BUP PT Bandara Internasional Batam bertanggung jawab terhadap penyediaan desain, melaksanakan pembangunan, pembiayaan, pengalihan, pengoperasian, dan pemeliharaan Bandara Hang Nadim Batam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)