Benahi Arsip Negara, LPDB-KUMKM Teken Komitmen Bersama Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Rabu, 22 Desember 2021 - 19:30 WIB
loading...
A A A
“Apabila kemudian ada kesalahan dapat menjadi fatal, sehingga pencatatan pengarsipan itu sesungguhnya menduduki posisi yang sangat tinggi. Pencatatan di LPDB-KUMKM harus oleh arsiparis, sehingga untuk mendorong GNSTA harus ada sumber daya manusia yang bertanggung jawab dalam mengelola arsip di setiap unit kerja dan harus diorganisasikan secara baik,” kata Imam.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, LPDB-KUMKM mengelola dana negara, dan arsipnya adalah arsip negara, sehingga harus dikelola dengan baik dan benar. Sistem keamanan dan akses arsip digunakan untuk siapa saja yang bisa mengakses arsip, dan tidak bisa digunakan sembarangan. Namun untuk informasi publik memang harus terbuka kepada masyarakat.

Imam menambahkan, LPDB-KUMKM telah menyiapkan aplikasi tata kelola arsip yang baik dan modern, dan ANRI menyambut baik terkait hal ini karena merupakan upaya dalam tertib arsip. Kami mendukung digitalisasi kearsipan walaupun banyak tantangan tetap harus dijalankan.

Program GNSTA ke depan juga menjadi acuan bagi lembaga negara dan penyelenggara pemerintahan daerah dalam melaksanakan program tertib arsip dalam mewujudkan tujuan penyelenggaran kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya kearsipan, sarana prasarana, pengelolaan arsip dan pendanaan kearsipan.



Melalui pedoman kearsipan "4 Pilar Kearsipan LPDB-KUMKM" yaitu tata naskah dinas, jadwal retensi arsip, klasifikasi arsip, sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip, serta menjalankan program Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) diharapkan dapat mendukung kinerja LPDB-KUMKM dalam penyaluran dana bergulir ke seluruh Indonesia khususnya dalam upaya mengamankan arsip negara.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)