Menembus Jurang Lewati Lembah, Jadi Tantangan Bangun Tol Cigatas

Sabtu, 25 Desember 2021 - 23:00 WIB
loading...
Menembus Jurang Lewati Lembah, Jadi Tantangan Bangun Tol Cigatas
Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan tahap I jalan tol Cigatas. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jendral Bina Marga akan melakukan pembangunan tahap I Jalan Tol Cigatas (Cileunyi - Garut-Tasikmalaya).

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, saat ini pembangunan tol Cigatas akan melakukan proses penetapan pemenang proyek jalan tol tersebut. Menurutnya, pembangunan jalan tol ini juga dapat mengatasi kemacetan di beberapa titik.

"Tahap pertama pembangunan Jalan Tol Cigatas sampai dengan Tasikmalaya, pembangunan Tol Cigatas ini dapat memecah atau mengatasi beberapa titik kemacetan," ujarnya Hady pada keterangan tertulisnya, Sabtu (25/12/2021).



Hedy mengungkapkan pembangunan jalan tol Cigatas memiliki tantangan seperti letak geografis, seperti adanya jurang hingga lembah. Hal yang sama juga dialami saat membangun jalan tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang-Dawuan).

"Kita harus mengantisipasi hal tersebut dengan lebih baik. Pada prinsipnya kita berupaya mengurangi dampak sebanyak mungkin terhadap lingkungan," sambungnya.

Untuk itu, Haddy mengatakan pembangunan jalan tol tersebut akan menggunakan jembatan di beberapa bagian. Sebab jalur yang hendak dibangun ini tidak seperti jalan nasional.



"Karena kita jalurnya jalur Garut, jadi tidak seperti jalur jalan nasional sekarang. Kita melihat pusat pertumbuhan potensialnya di Garut. Pembangunan jalan tol Cigatas kemungkinan sebagian akan menggunakan jembatan," tambahnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)