Menhub Pastikan Kesiapan Bandara Juanda Terima TKI dari Luar Negeri

Minggu, 26 Desember 2021 - 21:00 WIB
loading...
Menhub Pastikan Kesiapan Bandara Juanda Terima TKI dari Luar Negeri
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Bandara Juanda. Foto/Kemenhub
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terbang ke Surabaya guna mengecek kesiapan Bandara Juanda dan tempat karantina yang melayani kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI/TKI) dari luar negeri.



Tinjauan ini dalam rangka menindaklanjuti rencana dibukanya penerbangan internasional di Bandara Juanda, khususnya bagi para PMI, untuk mencegah terjadinya kepadatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno Hatta, yang per harinya mencapai 3.000 sampai 4.000 penumpang.

Menhub menjelaskan, sekitar 30% PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan NTB. Untuk itu, menurut Menhub, akan lebih baik jika Bandara Juanda dibuka untuk melayani para PMI.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pangdam, kapolda, sekda, dan unsur terkait lainnya. Kita akan menyiapkan di Juanda ini seperti yang dilakukan di Bandara Soetta," ucap Menhub dalam keterangannya, Minggu (26/12/2021).

Selain mengecek kesiapan Bandara Juanda, Menhub juga meninjau kesiapan tempat karantina.

"Paling tidak mesti disiapkan kurang lebih 1.500 kamar. Jadi bisa menampung sekitar 100 sampai 150 orang untuk melakukan karantina 10 hari," tutur Menhub.

Selain itu, Menhub juga meninjau Terminal Tipe A Purabaya untuk memastikan implementasi pengetatan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Dirinya mengapresiasi seluruh unsur terkait yang telah menyiapkan pos pelayanan vaksinasi dan tes antigen di Terminal Tipe A Purabaya.



"Perjalanan masyarakat harus dilayani dengan baik dan humanis, namun prokes ketat harus diterapkan," ujar Menhub.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)