Sabar ya Bun, Harga Bahan Pokok Diramal Turun di Februari 2022

Rabu, 29 Desember 2021 - 19:50 WIB
loading...
Sabar ya Bun, Harga Bahan Pokok Diramal Turun di Februari 2022
Harga sejumlah bahan pokok kemungkinan masih tinggi hingga tutup tahun ini. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Harga sejumlah komoditas pangan pokok menjelang akhir tahun 2021 melonjak cukup tinggi terutama minyak goreng, cabai, telur, dan daging.

Research Associate CORE Indonesia Dwi Andreas mengatakan, harga-harga komoditas tersebut kemungkinan masih akan tinggi hingga tutup tahun ini dan diprediksi melandai dan kembali normal pada awal 2022. Dwi menyontohkan untuk harga minyak goreng kemungkinan akan mulai terkoreksi seiring panen kedelai di Brazil.

"Kalau harga tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Ini hanya perkiraan kami, Brazil itu produksi kedelainya akan cukup tajam, mereka akan mulai panen kedelai sekitar bulan Januari sampai Maret," ujarnya dalam diskusi Refleksi Ekonomi Akhir Tahun 2021, Rabu (29/12/2021).



Menurut dia, ketika Brazil memasuki musim panen kedelai akan dapat mempengaruhi harga minyak goreng di dalam negeri juga. Pasalnya, penggerek terbesar minyak nabati (vegetable oil) dunia adalah kedelai.

Dwi menyebut sejak tahun 2020 hingga saat ini harga minyak nabati dunia sudah naik 2,4 kali lipat. Sehingga, diharapkan nanti akan segera melandai.

"Jadi, untuk minyak goreng saya kira tidak perlu dicemaskan, karena diperkuat nanti sekitar Februari - Maret akan terkoreksi (turun)," ucapnya.

Sedangkan untuk cabai, Andreas menyatakan harga komoditas tersebut dipengaruhi oleh faktor iklim panen. Untuk saat ini terlebih dengan adanya fenomena Lanina, harga cabai memang cenderung meningkat mulai Desember hingga Januari. "Mulai akhir Januari 2022 nanti sedulur-sedulur kami akan panen, sehingga Februari saya pastikan akan turun," tukasnya.



Dwi melanjutkan, jika harga cabai sedang tinggi namun serapan masyarakatnya berkurang juga tentunya akan menimbulkan dampak yang besar terhadap petani. Terlebih memasuki musim penghujan seperti ini ketika cabai tidak dapat disimpan lebih lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)