Libur Nataru, Masyarakat Diminta Jadi Wisatawan Bertanggung Jawab

Jum'at, 31 Desember 2021 - 20:07 WIB
loading...
Libur Nataru, Masyarakat Diminta Jadi Wisatawan Bertanggung Jawab
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf ) mengingatkan masyarakat menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan dan sudah tervaksinasi dengan lengkap.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya menyampaikan salah satu alternatif cara berlibur yang relatif aman pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni staycation, atau berlibur dengan memanfaatkan fasilitas hotel.

Nia menjelaskan beberapa alasan mengapa staycation dipandang lebih aman. Pertama, karena kegiatan liburan tersebut dapat dilakukan dari titik terdekat. Dengan demikian, para pelaku tidak harus melakukan pergerakan atau mobilitas yang jauh.

(Baca juga:Cegah Penularan COVID-19 Selama Nataru, Kominfo Lakukan 2 Hal Ini)

Meski dilakukan di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah, kata Nia, menginap di hotel tetap memberikan pengalaman yang berbeda dan wisatawan bisa merasakan kearifan lokal yang berbeda pula.

“Dan sudah keluar dari lingkungan keseharian, diambil experience-nya, take the local wisdom,” lanjut Nia dalam Siaran Pers dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Jumat (31/12/2021).

Selain itu, kegiatan tersebut biasanya dilakukan dalam kelompok kecil, sehingga risiko berkerumun dengan orang lain dapat ditekan. “Kecenderungannya (staycation) dalam kelompok kecil. Keluarga atau teman yang kita tahu persis bahwa mereka sehat, sudah divaksin, bahkan mungkin swab antigen dulu, dan protokol kesehatannya ketat,” tutur Nia.

(Baca juga:2022, Kemenparekraf Targetkan 3,6 juta Wisman, 280 Juta Pergerakan Wisnus & Nilai Tambah Ekonomi Kreatif Rp1.236 Triliun)

Kemudian terkait sarana transportasi yang digunakan, Nia menyebutkan bahwa pelaku staycation lebih banyak bergerak dengan kendaraan pribadi, sehingga tidak banyak bertemu orang lain seperti ketika menggunakan moda transportasi umum.

Meski relatif lebih aman, Nia tetap menekankan, bahwa pelaku staycation harus tetap menjadi traveller yang bertanggung jawab, yakni wajib vaksin lengkap dan tidak meninggalkan prokes. “Pandemi masih ada, jadi please, jadilah traveller yang bertanggung jawab,” tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3594 seconds (0.1#10.140)