5 Bahan Pangan yang Harganya Naik di 2021, Cabai Rawit Paling Melejit

Jum'at, 31 Desember 2021 - 22:42 WIB
loading...
5 Bahan Pangan yang Harganya Naik di 2021, Cabai Rawit Paling Melejit
Sejumlah bahan pangan melonjak di tahun 2021, salah satunya cabai rawit merah yang tembus di atas Rp100.000/kg. Foto/Dok SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Bahan pangan sebagai kebutuhan pokok masyarakat selalu menjadi sorotan setiap tahun. Meski pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan, kenaikan harga sejumlah komoditas pangan tak terelakkan di sepanjang tahun 2021 ini.

Sebut saja beberapa bahan pangan seperti minyak goreng, cabai rawit, telur ayam, daging, hingga tempe dan tomat, harganya sempat melambung di tahun kedua pandemi Covid-19 ini.

Bahkan, komoditas tertentu seperti cabai rawit merah dan minyak goreng harganya terus melambung di atas harga normalnya hingga jelang tutup tahun. Kenaikan harga ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat dan pedagang.



Ada beragam penyebab naiknya bahan pangan tersebut, mulai faktor iklim, kurangnya pasokan, dan pengaruh kenaikan harga internasional.

Selain itu, sejumlah bahan pangan secara historis juga melonjak saat momen tertentu, misalnya harga daging sapi yang naik jelang hari raya Idul Fitri.

“Bahwa ada momen-momen tertentu seperti Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, Nataru (Natal dan Tahun Baru) ada dinamika tapi ketersediaan sudah cukup,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (30/12/2021).



Berikut ini 5 bahan pangan yang mengalami lonjakan harga sepanjang tahun 2021, dirangkum SINDOnews dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional dan infopangan.jakarta.go.id, serta berbagai sumber lainnya, Jumat (31/12/2021).

1. Minyak Goreng
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)