PTBA Pastikan Proyek Gasifikasi Tetap Berjalan

Rabu, 10 Juni 2020 - 16:17 WIB
loading...
PTBA Pastikan Proyek Gasifikasi Tetap Berjalan
PTBA memastikan proyek gasifikasi batu bara yang akan dikembangkan bersama Air Product dan Pertamina tetap jalan sesuai rencana. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Bukit Asam (PTBA) memastikan bahwa proyek gasifikasi batu bara yang akan dikembangkan bersama Air Product dan Pertamina tetap jalan sesuai rencana walaupun perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut juga bekerjasama dengan Bakrie Goup.

Investasi bisnis gasifikasi batu bara tersebut ditaksir menelan investasi mencapai USD2 miliar bertempat di kawasan Bukit Asam Coal Based Special Economic Zone (BACBSEZ) Tanjung Enim, Sumatra Selatan.

Adapun proyek gasifikasi tersebut akan mengonversi batu bara muda menjadi syngas untuk kemudian diproses menjadi Dimethyl Ether (DME) sebagai bahan bakar, urea sebagai pupuk dan polypropylene sebagai bahan baku plastik.

"Rencana kerja sama dengan Air Product tetap lanjut dengan investasi mencapai USD2 miliar," ujar Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, di Jakarta, Rabu (10/6/2020). (Baca Juga: Realisasi Produksi Batu Bara RI Masih Sesuai Target )

Menurut dia, saat ini proyek gasifikasi batu bara tersebut masih dalam tahap kajian. Pihaknya berharap dalam waktu dekat dapat segera dilakukan Front End Engineering Design (FEED) dan Engineering Procurement Construction (EPC). Pihaknya akan melakukan tender untuk melaksanakan EPC. "Kita harapkan bisa komersial pada 2024 atau 2025 mendatang," jelasnya.

Tidak hanya itu, PTBA juga berkomitmen untuk melanjutkan proyek gasifikasi dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. Namun terkait kerja sama tersebut pihaknya sednag mencari skema yang tepat lantaran butuh feedstok methanol yang cukup tinggi. "Jadi yang mereka butuhkan feedstock methanol, jadi tidak ada pull out," kata dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)