Dirut PLN Angkat Bicara Soal Rencana Pembubaran PLN Batubara

Rabu, 12 Januari 2022 - 11:30 WIB
loading...
Dirut PLN Angkat Bicara Soal Rencana Pembubaran PLN Batubara
Dirut PLN Darmawan Prasodjo menanggapi terkait rencana pembubaran PLN Batubara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN menanggapi terkait gaduh soal rencana pembubaran PLN Batubara oleh pemerintah. Kinerja buruk dituding jadi biang kerok krisis pasokan batu bara pembangkit listrik PLN.

"Apapun keputusannya, konsen kami menjaga pasokan batu bara terjamin dan listrik tersedia bagi masyarakat. Pemerintah tentunya memiliki kebijakan terbaik terkait pengelolaan batu bara," ungkap Darmawan melalui pernyataannya, Rabu (12/1/2022).



Dia menyerahkan seluruh keputusan pembubaran anak usaha kepada pemerintah. Sebagai perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Negara, PLN akan menjalankan keputusan pemerintah selaku pemegang saham perseroan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa PLN Batubara memenuhi kewajiban pasokan Domestic Market Obligation (DMO) dari trader.

Agar kejadian tersebut tidak terulang, Luhut melarang PLN memenuhi kewajiban DMO pembangkit listrik dari trader. Sebab itu, pemerintah kemudian memnuculkan rencana membubarkan PLN Batubara. "Gak ada lagi itu PLN beli di trader. Jadi semua harus beli dari perusahaan tambang," ujarnya.



Terkait itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga sebelumnya tengah mengkaji pembubaran anak usaha PLN ini. Ada dua opsi yakni menutup atau di merger. Ini yang kita sedang pelajari dan bukan tidak mungkin berapa banyak lagi anak-anak usaha PLN yang harus kita kurangi," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)