Dikabarkan Naik, Segini Besaran Tarif KRL Terbaru

Jum'at, 14 Januari 2022 - 09:08 WIB
loading...
Dikabarkan Naik, Segini Besaran Tarif KRL Terbaru
Tarif KRL dikabarkan bakal naik pada 1 April 2022. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter mengungkapkan saat ini untuk tarif kereta rel listrik (KRL) yang berlaku masih normal sebesar Rp3.000 untuk 25 kilometer (km) perjalanan pertama.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan kebijakan kenaikan tarif KRL masih dilakukan kajian dengan mempertimbangkan sejumlah masukan dan usulan dari berbagai pihak.

"Intinya sampai saat ini tarif KRL masih tarif normal, Rp3.000 untuk 25 km pertama. Jadi belum ada perubahan," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan virtual, Jumat (14/1/2022).



Menurut dia kajian kenaikan tarif mencakup waktu, besaran tarif hingga skema. Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan perubahan terutama di masa pandemi Covid-19 termasuk kemampuan membayar (ability to payment) dan kesediaan pengguna untuk membayar (willingness to pay) kereta api perkotaan.

"Itulah kenapa kita lakukan FGD supaya kita bisa mendengar masukan-masukan dari berbagai pihak. Ada banyak skema yang diajukan, jadi ini yang kita bahas," jelasnya.



Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian perhubungan (Kemenhub) sebelumnya tengah mengkaji usulan kenaikan tarif KRL yang direncanakan April 2022 mendatang. Nantinya, direncanakan tarif perjalanan menggunakan moda transportasi favorit di Jabodetabek itu akan naik dari Rp3.000 menjadi Rp5.000 per penumpang setiap 25 km. Sedangkan 10 km selanjutnya bakal dikenakan penambahanan biaya Rp1.000.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)