Organda Jatim prediksi penumpang capai 12 juta

Jum'at, 06 Juli 2012 - 06:04 WIB
Organda Jatim prediksi penumpang capai 12 juta
Organda Jatim prediksi penumpang capai 12 juta
A A A
Sindonews.com - Menyusul aturan larangan berdiri dalam Kereta Api (KA) membuat sejumlah penumpang bakal beralih menggunakan angkutan Bus saat mudik. Diprediksi pada musim mudik tahun 2012 ini penumpang mencapai 12 Juta.

Menurut Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Timur HB Mustofa, aturan baru penumpang KA dilarang berdiri diperkirakan membawa keuntungan bagi Perusahaan Otobus (PO). "KA yang biasanya penuh, tahun ini akan berkurang. Tentu penumpangnya akan pindah ke bus," kata Mustofa, Kamis 5 Juli 2012.

Organda memprediksi pemudik tahun ini yang menggunakan bus akan mengalami kenaikan sebesar 10 persen. Sementara jumlah penumpang juga akan naik. Tahun lalu, penumpang bus mencapai 11 juta penumpang.

Prediksi melonjaknya penumpang ini, Organda Jatim bakal meminta dispensasi muatan kepada Dinas Perhubungan dari 10 persen menjadi 20 persen. Banyaknya penumpang ini, Organda berjanji akan memberikan pelayanan maksimal dan peningkatan kualitas pengawasan armada bus. Semua bus yang beroprasi, katanya, dipastikan sudah layak jalan.

Lebih jauh ia mengatakan, jumlah armada bus yang beroprasi saat angkutan lebaran 2012 sebanyak 6.000 armada. Untuk trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) 1.500 armada, dan trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 4.500 armada. Sedangkan bus armada cadangan sebanyak 1.000 armada.

Kemudian soal harga tiket, pihaknya masih mengacu dengan batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah. "Tidak ada istilah tuslah, harga tiket tetap seperti biasa sebelum ada perubahan aturan batas atas dan batas bawah," pungkas Mustofa.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6023 seconds (0.1#10.140)