Pentingnya Mengajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Senin, 17 Januari 2022 - 18:26 WIB
loading...
Pentingnya Mengajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini
Melatih anak menatur keuangan sejak dini. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Mengajarkan anak cara mengelola keuangan akan sangat bermanfaat di kemudian hari. Dengan bekal pemahaman sejak dini, anak dapat tumbuh mandiri secara finansial.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019, tercatat indeks literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu 38,03%. Oleh karena itu, Prudential Life Insurance menjalin kerja sama dengan berbagai mitra termasuk Kipin School untuk memperluas jangkauan kurikulum Cha-Ching, guna membantu mengatasi masalah rendahnya kesadaran literasi keuangan di Indonesia.

Kurikulum Cha-Ching merupakan program dari Prudence Foundation yang mengajarkan konsep dasar keuangan untuk anak usia 7 sampai 12 tahun. Empat konsep dasar tersebut adalah Memperoleh (Earn), Menyimpan (Save), Membelanjakan (Spend), dan Menyumbangkan (Donate). Selain bermanfaat untuk anak, kurikulum Cha-Ching dapat membantu orang tua dalam membimbing anak untuk mulai belajar mengatur keuangan sejak dini. Program ini juga ditayangkan melalui kanal TV dan Youtube.



Chief Human Resources & Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe mengatakan, Prudential berkomitmen untuk terus melanjutkan inisiatif Community Investment guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk anak-anak.

"Untuk mewujudkannya, kolaborasi dengan pihak eksternal sangatlah penting, karena itu kami menggandeng Kipin School dalam kesempatan ini," kata dia melalui pernyataannya, di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Dengan jangkauan digital Kipin School yang luas, Prudential berharap semakin banyak anak-anak paham mengelola keuangan melalui kurikulum Cha-Ching.

"Kami melihat antusiasme anak-anak cukup tinggi, terlihat lebih dari 3.000 anak yang sudah mendaftar program kurikulum Cha-Ching di Aplikasi Kipin School sejak akhir November 2021. Semoga dalam delapan bulan ke depan, program ini bisa menjangkau hingga 100.000 anak," tambah Indrijati.

Sementara itu, VP Business Development Kipin School Steffina Yuli menambahkan, salah satu isu utama pembelajaran digital adalah akses internet yang tidak merata. Menjawab masalah tersebut, Kipin School memberikan akses pendidikan yang efisien dan tepat guna, tanpa perlu menggunakan internet.

"Kami sangat antusias dalam melakukan kerja sama ini untuk turut berperan dalam meningkatkan pengetahuan terkait ilmu manajemen keuangan khususnya bagi anak-anak di seluruh Indonesia," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)