alexametrics

PLN Toraja Utara jamin listrik aman selama puasa

loading...
PLN Toraja Utara jamin listrik aman selama puasa
ilustrasi Foto: Corbis
A+ A-
Sindonews.com - PT PLN (Persero) Ranting Rantepao menjamin tidak akan melakukan pemadaman listrik selama bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri. Jaminan itu guna memberikan kenyamanan bagi umat Muslim di Toraja Utara selama menjalankan ibadah puasa

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar selama bulan puasa tidak terjadi pemadaman listrik bergilir di wilayah Toraja Utara,” ujar Manajer PLN Ranting Rantepao, Johan Denmanora, kemarin.

Johan mengatakan, PLN Ranting Rantepao sudah melakukan pemeliharaan dan perbaikan jaringan di wilayah kerjanya sebelum bulan puasa. Hal itu dilakukan sebagai bentuk persiapan dalam rangka mengamankan pasokan listrik di tingkat pelanggan selama Ramadan hingga Lebaran. Dengan begitu kegiatan Umat Muslim selama puasa seperti buka puasa, tarawih hingga sahur tidak terganggu gara-gara listrik padam.



Menurut Johan, pemadaman listrik bisa saja terjadi di bulan puasa jika terjadi hal-hal diluar kendali manusia. Diantaranya, disebabkan cuaca buruk dan bencana alam. Apalagi, saat ini wilayah Toraja Utara masih seringkali turun hujan deras disertai angin yang memungkinkan putusnya aliran listrik ke pelanggan.

“Meski bulan puasa, PLN Ranting Rantepao tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Tapi, kami juga tidak bisa menghindari jika terjadi kondisi diluar kendali yang mengharuskan pemadaman listrik terpaksa dilakukan,” jelasnya.

Johan menghimbau kepada masyarakat yang ingin memangkas pohon yang disekitarnya terdapat jaringan kabel listrik agar memberitahukan kegiatannya ke kantor PLN. Jika kegiatan tersebut dilakukan tidak hati-hati bisa mengakibatkan jaringan kabel listrik terputus karena terkena batang atau ranting pohon yang di potong.

Apabila, jaringan kabel listrik putus, maka aliran listrik pelanggan di sekitarnya akan padam. Butuh waktu yang tidak singkat untuk memperbaiki jaringan kabel yang putus tersebut. Pihaknya siap menerjunkan petugas PLN membantu masyarakat memotong ranting dan batang pohon agar tidak terkena jaringan kable listrik.

“Kalau ada masyarakat yang ingin menebang pohon dan disekitarnya ada jaringan kabel listrik sebaiknya diberihatuhkan ke PLN. Kami siap membantu masyarakat memangkas pohon agar tidak terkena kabel listrik,” jelasnya.

Johan menambahkan, pelanggan PLN juga diminta agar tetap menghemat pemakaian listrik. Pemakaian listrik yang berlebihan akan mengakibatkan pembayaran rekening listrik yang bersangkutan juga akan melonjak. Untuk itu, pelanggan diharapkan menggunakan listrik sesuai kebutuhan.
(and)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak