Menparekraf Tegaskan RI Fokus Tingkatkan Kualitas Profesional Pariwisata di ASEAN

Kamis, 20 Januari 2022 - 07:18 WIB
loading...
Menparekraf Tegaskan RI Fokus Tingkatkan Kualitas Profesional Pariwisata di ASEAN
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara The 25th Meeting of The ASEAN Tourism Ministers Meeting secara virtual, Rabu (19/1/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peningkatan kualitas profesional pariwisata dengan mengadopsi teknologi di kawasan ASEAN akan menjadi fokus utama Indonesia dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada tahun ini.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dalam acara “The 25th Meeting of The ASEAN Tourism Ministers Meeting” secara virtual, Rabu (19/1/2022).

Menparekraf mengatakan, ke depan diharapkan para profesional pariwisata tidak hanya melebarkan keterampilan dan bakat yang mumpuni di kawasan ASEAN saja, namun juga di negara lainnya seperti Jepang, Korea, Australia, dan Selandia Baru.

Baca juga: RI Pimpin ASEAN Tourism Forum, Menparekraf Sandiaga: ATF 2023 Digelar di Yogyakarta

Menurut Sandiaga, para pakar ekonomi percaya bahwa terbukanya investasi dapat memberikan kontribusi secara signifikan terhadap pemulihan ekonomi di suatu wilayah.

Begitupun dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang dapat melakukan investasi dalam bentuk peningkatan keterampilan bagi profesionalnya.



“Untuk Indonesia, arahan kami jelas, tahun ini kami akan lebih fokus pada lingkungan profesional pariwisata ASEAN. Dengan mendorong pemanfaatan teknologi, serta memfasilitasi para profesional, sehingga mereka dapat menyuplai keterampilan dan bakat mereka tidak hanya di dalam kawasan ASEAN. Tetapi juga dengan negara lainnya, seperti China, Jepang, Korea, Australia, dan Selandia Baru,” papar Sandiaga, dikutip Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Kekuatan Militer Indonesia Nomor 15 di Dunia dan Peringkat 1 di ASEA N

“Jadi, mungkin suatu saat nanti kita dapat mengukur keberhasilan kita di kawasan ASEAN tidak hanya dengan jumlah kedatangan wisatawan internasional. Tetapi juga meningkatnya jumlah profesional pariwisata terampil di ASEAN,” imbuhnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5706 seconds (11.252#12.26)