Asita Sesalkan Pemindahan Satu Agenda G20 dari Bali

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:37 WIB
loading...
Asita Sesalkan Pemindahan Satu Agenda G20 dari Bali
Pemerintah memindahkan lokasi pertemuan jalur keuangan G20 dari Bali ke Jakarta. Foto/Ilustrasi/Kemenkeu
A A A
JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia ( Asita ) menyesalkan keputusan pemerintah yang membatalkan salah satu agenda G20 di Bali dan memindahkannya ke Jakarta. Agenda yang batal digelar di Bali itu adalah pertemuan G20 bidang finance track atau jalur keuangan.



Wakil Ketua Umum Asita Budijanto Ardiansjah mengatakan, Bali merupakan tempat yang tepat untuk penyelenggaraan bagian dari event terbesar itu. Sebab mayoritas masyarakat Bali yang mengandalkan pariwisata sebagai backbone ekonomi merasa ada sedikit harapan untuk mulai pulih kembali dengan agenda tersebut.

"Saya juga tidak tahu alasan dibatalkan. Soalnya menurut saya di Bali sudah paling ideal, karena bisa juga membantu kawan-kawan kita para pelaku pariwisata di Bali yang sangat terdampak," ujarnya kepada MNC Portal, Kamis (20/1/2022).

Jika melihat alasan dibatalkannya penyelenggaraan di Bali karena sebaran varian Omicron, maka sebetulnya sama saja. Ancaman itu bisa diantisipasi dengan penambahan pengetatan protokol kesehatan.



"Emang kalau di Jakarta tidak Omicron, emang Omicron milih tempat, kan tidak," sambungnya.

Bahkan menurut Budijanto, ketika pelaksanaan salah satu agenda G20 ini digelar di Bali, justru bisa lebih aman. Di Bali masih banyak tempat terbuka atau outdoor.

"Kalau untuk prokes itu kan sama saja, jika memang harus ada misalnya penyemprotan disinfektan, menurut saya Bali siap untuk melakukan itu," tutur Budijanto.

Sebagai informasi Kementerian Keuangan memindahkan agenda finance track G20 dari Bali ke Jakarta karena alasan kesehatan di tengah penyebaran Omicron. Keputusan tersebut tertuang dalam surat Kementerian Keuangan RI bernomor S-3/G20.33/2020 tertanggal 19 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Sekretaris I Panitia Pelaksanaan Pertemuan G20 Bidang Logistik Rudy Rahmadi.



Kegiatan Presidensi G20 Finance Track yakni 2nd FCBD dan 1st FMCBG yang awalnya digelar di Bali pada 15 hingga 18 Februari 2022 dibatalkan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)