Mengungkap Fakta-fakta DME, Calon Pengganti LPG untuk Masak

Selasa, 25 Januari 2022 - 09:06 WIB
loading...
Mengungkap Fakta-fakta DME, Calon Pengganti LPG untuk Masak
Proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) resmi dimulai, intip fakta-faktanya mulai dari mengurangi subsidi, membuka lapangan kerja hingga akan menggantikan LPG. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimethyl Ether( DME ) resmi dimulai usai kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melakukan groundbreaking proyek yang berada di Sumatera Selatan (Sumsel). DME nantinya akan menjadi pengganti LPG untuk kebutuhan sehari-hari yang lebih efisien dan aman bagi lingkungan.

Berikut fakta-fakta terkait DME yang dirangkum dari beberapa sumber, Selasa (25/1/2022).

1. Proyek 'Molor' 6 Tahun

Presiden Joko Widodo mengatakan, dirinya sudah berkali-kali menginstruksikan anak buahnya untuk merealisasikan proyek ini, namun baru dilakukan sekarang.

"Saya sudah berkali-kali menyampaikan hilirisasi, industrialisasi, pentingnya mengurangi impor ini sudah 6 tahun lalu saya perintah, tapi alhamdulillah hari ini meskipun dalam jangka yang panjang bisa dimulai," ujar Jokowi dalam tayangan video di kanal Sekretariat Presiden, Senin (24/1/2022).



2. Impor LPG Indonesia Capai Rp 80 Triliun

Tak cuma kemandirian energi, alasan kuat dibalik dimulainya proyek ini adalah karena Indonesia sudah terlalu nyaman impor LPG. Padahal, Indonesia memiliki bahan baku yang bisa diolah menjadi gas serupa.

Jokowi menyebutkan, impor LPG Indonesia mencapai Rp 80 triliun, belum lagi dengan subsidinya.

"Impor LPG kita ini gede banget, mungkin Rp 80-an triliun dari kebutuhan RP 100-an triliun impornya. Itu pun harus disubsidi untuk sampai ke masyarakat karena harganya sudah tinggi sekali, Rp 60-70 triliun subsidinya," ujar Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2389 seconds (0.1#10.140)