DME Bakal Gantikan LPG, Harganya Lebih Murah Enggak Nih!

Rabu, 26 Januari 2022 - 08:57 WIB
loading...
DME Bakal Gantikan LPG, Harganya Lebih Murah Enggak Nih!
DME yang dihasilkan dari proyek hilirisasi batu bara akan digunakan sebagai pengganti LPG untuk kebutuhan sehari-hari. Lantas, apakah harga DME bisa lebih murah dari LPG?. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) resmi dimulai. DME yang dihasilkan dari proyek ini akan digunakan sebagai pengganti LPG untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun ketika harga LPG saat kini sudah meroket. Lantas, apakah harga DME bisa lebih murah dari LPG?

"Biaya DME meliputi harga batu bara, biaya pemrosesan atau pengolahan DME dan biaya distribusi yaitu USD 617 per ton DME," jelas Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/1/2022).



Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melakukan groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi DME di Muara Enim, Sumatera Selatan. Dimana Jokowi meminta pembangunan ini kelar dalam 30 bulan.

Sementara itu substitusi LPG ke DME diproyeksikan akan kurang subsidi sebesar Rp60 sampai dengan Rp70 triliun di APBN. Di mana proyek hilirisasi ini akan diperluas ke tempat lain karena deposit batu bara yang berlimpah, seperti diklaim oleh Kementerian BUMN.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)