Semester I, laba kotor CPRO naik naik 28%

Jum'at, 07 September 2012 - 15:55 WIB
Semester I, laba kotor CPRO naik naik 28%
Semester I, laba kotor CPRO naik naik 28%
A A A
Sindonews.com - Kendati komoditas udang tengah mengalami penurunan harga, PT Central Proteinprima Tbk (CPRO) mangaku masih mampu mencatat kenaikan pendapatan kotor pada kinerja semester pertamanya di tahun 2012.

"Pendapatan Persero relatif stabil, namun laba kotor meningkat," terang Direktur Utama CPRO Mahar Sembiring, dalam Publick Ekspose CPRO di gedung BEI Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Dirinya mencatat, laba kotor pada semester pertama tahun 2012 mencapai Rp449 miliar atau naik sekitar 28 persen dari catatan periode yang sama tahun 2011 yang hanya sebesar Rp351 miliar.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, kenaikan laba kotor tersebut turut dipengaruhi oleh besarnya porsi produk dengan margin yang lebih baik, dalam komposisi produk yang dijual Perseroan.

"Peningkatan profitabilitas didorong oleh peningkatan penjualan produk yang memiliki margin lebih baik dan beban penjualan lebih rendah," tegasnya.

Mahar mencatatkan harga jual produk udangnya berada pada angka yang cenderung tinggi yakni di angka USD8,78 per kilogram (Kg). Angka tersebut menunjukkan kecenderungan yang stabil pada 3 bulan terakhir, dibandingkan dengan harga udang komoditi dunia yang terus merosot hingga menyentuh angka USD8,36 per Kg pada juni 2012.

Penurunan harga di pasar dunia, sambung Mahar, dikarenakan meningkatnya suplai udang dunia sehingga menyebabkan harga udang komoditi dunia terus menurun. "Produk udang India dan Ekuador meningkat, menyebabkan peningkatan suplai udang di pasar dunia," simpulnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4556 seconds (0.1#10.140)