Mandiri Dorong Bank Syariah Mandiri untuk IPO

Senin, 10 September 2012 - 16:23 WIB
Mandiri Dorong Bank Syariah Mandiri untuk IPO
Mandiri Dorong Bank Syariah Mandiri untuk IPO
A A A
Sindonews.com - Induk Usaha Bank Syariah Mandiri (BSM), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyatakan adanya rencana perseroan untuk mendorong anak usahanya di bidang syariah ini untuk menawarkan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di bursa.

Direktur Keuangan & Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansyuri mengatakan, induk memang sedang mempersiapkan BSM untuk bisa melantai di bursa di 2014.

"Kita sebetulnya tidak pernah sampaikan di 2013 tapi kita persiapkan diri di 2013 karena untuk tawarkan saham dan IPO itu perlu waktu," ujar Pahala, usai media briefing tentang acara Indonesia Investment Forum di Jakarta, Senin (10/9/2012).

Namun Pahala mengaku, sebagaimana yang diharapkan Bank Indonesia (BI), sebelum melantai sebaiknya bank syariah harus benar-benar siap sehingga siap untuk menarik potensial investor.

Pahala menilai kondisi keuangan BSM cukup baik, terlihat dari pertumbuhan per tahun dikisaran 30-40 persen, kondisi permodalan di sekira 12 persen. Selain melihat kondisi keuangan, lanjut Pahala, dirinya juga ingin meningkatkan lagi sinergi antara anak usaha dan induk sehingga nilai perusahaan semakin baik.

"Kondisi keuangan BSM baik, cuma sambil berjalannya waktu pada waktu IPO BSM bisa semakin menarik," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah BI Edy Setiadi mengatakan BI berharap industri perbankan syariah tidak terburu-buru masuk ke pasar modal melalui mekanisme penawaran saham perdana. BI meminta agar perbankan syariah tetap fokus mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan fasilitas dari induk.

Menurut Edy, bank syariah sebaiknya menahan diri untuk IPO saat masyarakat sudah mengenal bank dan kinerjanya perbankan syariah. Selain itu, jika menyangkut persoalan permodalan, lanjut Edy, bank syariah masih dapat mengoptimalkan suntikan modal dari induk usaha, yang kebanyakan berasal dari bank umum konvensional. Alternatif lain, bank syariah dapat melakukan penjualan sukuk.

Direktur Utama BSM Yuslam Fauzi berpendapat, jika bank sudah matang, bank dapat dilepas secara perlahan. Yuslam sendiri berkeyakinan BSM telah matang dan siap untuk melakukan IPO karena pertumbuhannya yang sangat cepat.

"Yang jelas kalau sudah matang harus dilepas pelan-pelan. BSM sudah matang lah," ujar Yuslam akhir pekan lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5168 seconds (0.1#10.140)