25 Miliarder Paling Dermawan di Amerika, Sumbangannya sampai Rp2.421 Triliun

Senin, 31 Januari 2022 - 13:48 WIB
loading...
25 Miliarder Paling Dermawan di Amerika, Sumbangannya sampai Rp2.421 Triliun
Mulai dari Warren Buffett hingga pendatang baru Jeff Bezos, masuk dalam jajaran 25 miliarder paling dermawan di Amerika Serikat. Bahkan dalam daftar no 6, rela sampai bangkrut. Foto/Dok
A A A
NEW YORK - Mulai dari Warren Buffett hingga pendatang baru Jeff Bezos, mereka adalah beberapa contoh dari deretan miliarder paling dermawan di Amerika Serikat (AS).

Secara kolektif, 25 miliarder paling dermawan di Amerika telah menyumbangkan USD169 miliar atau setara dengan Rp2.421 triliun (Kurs Rp14.330 per USD) sepanjang hidup mereka dan masih tetap lebih kaya dari sebelumnya. Benar adanya bahwa memberi tidak akan membuat Anda menjadi miskin!.



Menurut perkiraan Forbes, jumlah uang yang disumbangkan oleh 25 filantropi -sebutan bagi orang kaya yang dermawan- mengalami kenaikan dari sebelumnya USD149 miliar menjadi USD169 miliar. Sebagian karena informasi baru yang ditemukan oleh Forbes, sedangkan data lainnya dari akumulasi selama satu tahun dari sumbangan keseluruhan.

Warren Buffett, yang mendapatkan hadiah musim panas tahunannya dari saham Berkshire Hathaway mencapai USD4,1 miliar tahun ini yang jika dirupiahkan senilai dengan Rp58,75 triliun.

25 Miliarder Paling Dermawan di Amerika, Sumbangannya sampai Rp2.421 Triliun


Dana tersebut, seperti biasa diberikan kepada The Bill and Melinda Gates Foundation — dimana organisasi itu fokus pada menuntaskan kemiskinan dan memberikan pemerataan perawatan kesehatan, termasuk penelitian dan vaksin untuk Covid-19 —. Selain itu sebagiannya diberikan ke yayasan yang didirikan oleh mendiang istri dan tiga anaknya.

Sementara itu MacKenzie Scott kerap memberikan kekayaannya secara diam-diam, dimana Ia menyumbangkan sekitar USD5,8 miliar kepada 500 organisasi nirlaba berbeda di seluruh negeri pada tahun 2020. Tahun lalu, dia terus memberikan kekayaannya lebih sering daripada miliarder manapun.

Pada bulan Juni, Ia memberikan hadiah USD2,7 miliar kepada 286 organisasi yang mempunyai dampak besar terhadap kemanusiaan seperti the Children’s Defense Fund dan the National Council of Nonprofits. Forbes memperkirkan, sumbangan MacKenzie Scott seumur hidupnya di atas USD8,6 miliar.

Dua wajah baru telah bergabung dengan jajaran filantropis teratas sejak tahun lalu yakni pendiri Facebook, Dustin Moskovitz dan istrinya Cari Tuna serta mantan suami Scott. Lalu ada Jeff Bezos yang kini fokus menjalani perannya sebagai filantropi usai memberikan donasi sebesar USD1 miliar pada tahun 2021 sejak mengundurkan diri sebagai CEO Amazon pada bulan Juli.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)