Terbesar di Asia Tenggara, Potensi Ekonomi Digital RI Bisa Tembus Rp1.700 Triliun di 2025

Senin, 31 Januari 2022 - 20:30 WIB
loading...
Terbesar di Asia Tenggara, Potensi Ekonomi Digital RI Bisa Tembus Rp1.700 Triliun di 2025
Ilustrasi ekonomi digital. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil riset Google, Temasek, dan Bain & Company mencatat ekonomi digital Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Potensinya pun semakin tinggi seiring dengan adaptasi kebiasaan baru dari offline ke online. Pada 2025 potensi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan bisa mencapai Rp1.700 triliun.

"Untuk mencapai hal tersebut, KemenKopUKM terus berupaya meningkatkan literasi digital dan dukungan meningkatkan kualitas dan pasar prdouk UKM dan kapasitas SDM UKM melalui berbagai program kami," ungkap Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro KemenkopUKM Rulli Nuryanto, di Jakarta, Senin (31/1/2022).



Dia mengatakan pemerintah juga terus mendorong pelaku UMKM agar onboarding kedalam ekosistem digital. Berdasarkan data Kemenkop UKM sebanyak 17,25 juta pelaku UMKM telah onboarding ke dalam ekosistem digital.

"Di tahun 2024 ini, menargetkan 30 juta UMKM onboarding kedalam ekosistem digital. Sementara untuk koperasi, saat ini telah ada 202 koperasi digital di tahun 2021, dari target 100 koperasi. Ditargetkan tahun 2022 ini bakal ada 200 koperasi digital," katanya.

Menurut dia, KemenKopUKM di tahun 2021 telah berkolaborasi dengan berbagai pihak, dalam rangka perpcepatan digitalisasi koperasi dan UMKM Indonesia. "Kami telah bekerjasama dengan Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, Bukalapak, Gojek, Grab, dan stakeholder lainnya," tutur Rulli.

Di samping itu, lanjut Rulli, untuk meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM, KemenKopUKM menggandeng 11 lembaga incubator, baik dari swasta ataupun universitas.

"Beberapa waktu lalu kami telah melakukan roadshow kilinik UMKM dengan Bukalapak, diharapkan dengan adanya roadshow ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi teknologi bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Rulli menambahkan, di tahun 2022 KemenKopUKM fokus dalam agenda pemulihan transformatif , diantaranya 70% prioritas program menyasar pelaku UMKM dan koperasi, anak muda, perempuan dan fokus dalam mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan.

"Selanjutnya, akses pembiayaan UMKM dan poperasi pergeser dari pektor perdagangan ke sektor riil. Pembiyaaan LPDB-KUMKM 40% untuk sektor riil. Hal ini juga pembiayaan perbankan dan non perbankan diharapkan dapat lebih terkonsolidasi ke dalam ekosistem sektor riil," jelas Rulli.



Lebih lanjut, ditargetkan sebesar 30% dari total pelaku usaha, sebesar 20 juta UMKM terhubung kedalam ekosistem digital. "Dan terakhir, diharapkan tahun 2022 ini, 70% dari total UMKM sudah mengalami pemulihan usaha," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0901 seconds (0.1#10.140)